-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Warga Herlang Sambangi Pendopo, Disambut Hangat Bupati dan BAZNAS Bulukumba

Senin, 19 Juni 2023 | 16.32 WIB | 0 Views Last Updated 2023-06-19T09:32:13Z


SimpulIndonesia.com
_BULUKUMBA -- Masyarakat Desa Borong, Kecamatan Herlang menyambangi pendopo rumah jabatan Bupati Bulukumba. Senin, 19 Juni 2023



Ada 16 Kepala Keluarga (KK) yang hadir langsung dan disambut hangat oleh Bupati Bulukumba, A. Muchtar Ali Yusuf.



Mereka merupakan warga terdampak bencana longsor yang terjadi 24 Mei 2023 lalu, yang hari ini diundang untuk mendapat bantuan kemanusiaan langsung dari Pemerintah Daerah dan Baznas Bulukumba. 



Dalam sambutannya, Andi Utta sapaan bupati Bulukumba itu mengatakan, bantuan yang disalurkan hari ini merupakan bentuk perhatian pemerintah daerah kepada masyarakat terdampak demi dapat meringankan beban korban bencana dalam hal pemenuhan kebutuhan hariannya. 



"Bantuan ini jangan dilihat dari jumlahnnya, karena ini perhatian pemerintah sebagai upaya untuk membantu warga terdampak" ucapnya sembari melirik tamu yang hadir.  



Selain itu, ia juga menyampaikan terkait rencana tindak lanjut pemerintah daerah sebagai upaya preventif agar bencana serupa dapat diminimalisir. 



Sebab menurutnya, letak geografis kecamatan Herlang sangat kekurangan tanaman yang bersifat jangka panjang sehingga dampaknya serapan air di daerah sana sangat kurang. 



"Disana tanaman dan serapan air yang kurang. Jadi ketika curah hujan tinggi air pasti meluap" ucapnya. 



Sehingga ke depan katanya, bersama seluruh stakeholder terkait. Pihaknya akan mengupayakan dapat segera menyalurkan bibit sukun ke Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba untuk dapat dimanfaatkan. 



Rencananya kegiatan ini diharapkan dapat menjadikan Herlang sebagai daerah yang kondusif. Lahan yang ada juga bisa bernilai ekonomi untuk keberlangsungan hidup masyarakat yang bermukim disana.



"Saya akan support, dan akan berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terkait untuk dapat menindaklanjuti kerja sama dalam pemenuhan ketahanan pangan masyarakat Herlang," tegasnya.



Sementara itu, Pimpinan Baznas Kabupaten Bulukumba, Muh. Yusuf Sandi menjelaskan, total jumlah bantuan yang diberikan kepada 16 KK tersebut sebanyak Rp 50 juta. Diberikan langsung dalam bentuk uang tunai.  



"Jumlah yang diterima per KK bervariasi, ada yang dua juta, pun ada yang empat jutaan" tuturnya saat dikonfirmasi



Muh. Yusuf juga menyampaikan, bantuan ini bukan untuk digunakan memperbaiki rumah yang rusak, melainkan, dapat dimanfaatkan untuk meringankan beban para warga yang terdampak, termasuk untuk membeli kebutuhan pangan sehari-hari. 



Sedangkan untuk rencana tindak lanjut dari bupati Bulukumba, pihak Baznas sangat mendukung terkait upaya yang diinisiasi oleh Bupati Bulukumba. 



"Selain untuk memenuhi pangan warga, juga berfungsi untuk menjaga ekosismtem dan ekologi, agar tidak mudah terjadi longsor atau abrasi,"



Menurutnya, hal ini penting dilakukan, agar para warga terlindungi dari bencana bahaya longsor dan pergeseran tanah.



Hadir pula, kepala Desa Borong Kecamatan Herlang, Kabupaten Bulukumba, Andi Reski Setiawan mendampingi warganya. Ia mengaku sangat bersyukur atas perhatian pemerintah daerah dan Baznas kabupaten Bulukumba untuk segala bantuan yang diberikan. 



"Alhamdulillah tentunya kami dari pemerintah desa, mewakili seluruh keluarga yang terkena bencana sangat berterima kasih dengan adanya bantuan ini,"jelasnya.



Ia mengatakan, bantuan ini dapat meringankan beban yang dialami warga terdampak, karena mayoritas mereka yang menjadi korban bencana ini berprofesi sebagai petani. 



"Bencana ini membuat penghasilan mereka terputus karena sibuk mengurusi barang-barang yang ada di lokasi. Oleh karenanya dengan adanya bantuan ini sangat meringankan seluruh warga yang terdampak bencana tersebut," tutup Reski karibnya. **

Iklan

×
Berita Terbaru Update