-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Pemkab dan BAZNAS Bulukumba Peringati Malam Nuzulul Qur'an di ICDT

Minggu, 09 April 2023 | 12.28 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-09T05:28:18Z


SimpulIndonesia.com
_BULUKUMBA -- Pemerintah Kabupaten Bulukumba terus bersinergi dengan BAZNAS, melalui program Safari Ramadan yang giat dilaksanakan hingga malam ke 17 yang dikenal dengan malam Nuzulul Qur'an ini.


Malam Nuzulul Qur'an ala Pemkab dan BAZNAS Kabupaten Bulukumba ini digelar secara khitmat di masjid Islamic Center Dari Tiro Bulukumba. Sabtu, 8 April 2023.


Dalam sambutannya, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf, mengajak semua jemaah untuk bersuka cita karena pada bulan Ramadan 1444 H ini, ibadah-ibadah bisa dimaksimalkan. 


Termasuk katanya, memperingati malam Nuzulul Qur'an sebagai malam turunnya Al-Qur'an yang menjadi penuntun dan pedoman hidup umat manusia. 


Lebih lanjut Andi Utta, Sapaannya mengatakan, waktu terus berjalan, tidak terasa sudah melewati pertengahan bulan suci Ramadan, dan sudah lebih separuh bulan umat muslim melaksanakan kewajibannya untuk memenuhi rukun ibadah puasa di bulan yang mulia ini.


"Di Malam ini, di tempat yang mubarakah ini, kita bersama-sama memperingati satu diantara sekian banyak peristiwa istimewa di bulan Ramadan, dan peristiwa itu adalah Nuzulul Qur’an yang merupakan sebuah peristiwa yang menandai permulaan kenabian dan panutan kita, Nabi Muhammad SAW," jelasnya sambil melihat jemaah


Andi Utta mengajak seluruh jemaah yang hadir untuk senantiasa menjaga kebersamaan dan ukhuwah Islamiyah serta memanfaatkan momentum bulan ramadan ini untuk meningkatkan amal ibadah, baik puasa, shalat, maupun zakat dan sedekah.


Terkahir, selaku Bupati di Butta Panrita Lopi ini, Andi Utta mengajak seluruh elemen masyarakat di Kabupaten Bulukumba untuk menjadikan bulan Ramadan ini sebagai momentum untuk mengevaluasi diri, dan memperbaiki diri dalam rangka meneguhkan niat dan sikap kita semua untuk kepentingan masyarakat secara umum dalam menyongsong kehidupan masyarakat Kabupaten Bulukumba lebih maju dan sejahtera ke depan.


Sementara itu, Pimpinan BAZNAS Kabupaten Bulukumba, Muh. Nur menjelaskan Safari Ramadan Pemkab yang bekerja sama dengan BAZNAS, malam ini berbeda dari malam-malam sebelumnya. Sebab, moment ini Dirangkaikan dengan peringatan Nuzulul Qur'an. 


Wakil Ketua IV BAZNAS Kab. Bulukumba ini juga menjelaskan, Nuzulul quran adalah waktu turunnya al-quran yang menjadi pedoman untuk umat Islam di muka bumi. Quran sebagai hudan linnas atau sabagai petunjuk bagi ummat manusia. Sehingga Al Quran sebagai kitab yang mulia diturunkan di bulan yang mulia dan akan memberikan kemaslahatan bagi seluruh ummat manusia.


Pimpinan BAZNAS ini, berharap agar Al-Qur'an sebagai pedoman hidup ummat islam ini bisa diperlakukan secara istimewa dan dijadikan petunjuk kemudian diamalkan untuk kehidupan manusia. 


"Keberadaan Al-quran Bukan hanya sebagai hiasan di lemari. Tetapi mampu senantiasa dibaca .dipahami dan dihayati makna yang terkandung didalamnya," harapnya.


Dalam momentum ini juga, Pemkab dan BAZNAS Bulukumba menyerahkan bantuan untuk Masjid Senilai 10 juta. Tebar Paket Ramadhan Ceria untuk Peduli marbot dan Peduli Guru mengaji tradisional.


Selain itu, paket Ramadan Ceria juga diperuntukkan dalam Peduli Keluarga Pra Sejahtera dan yang terkahir adalah bantuan kemanusiaan kepada enam rumah terdampak bencana yang ada di Kecamatan Ujung Bulu senilai Rp. 27.100.000. ***


Koordinator Humas dan Infokom BTB Bulukumba

Kurnia. K*

Iklan

×
Berita Terbaru Update