-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sumpah Pemuda Jilid II Kembali dilaksanakan Kebangkitan Pemuda Nusantara

Sabtu, 28 Oktober 2023 | 20.27 WIB | 0 Views Last Updated 2023-10-28T13:31:18Z
SIMPULINDONESIA.com_ SUL-SEL,- Bertempat di taman Makam Pahlawan Panaikan Makassar, pelaksanaan Upacara Sumpah Pemuda Jilid II yang dilaksanakan oleh Dewan Pengurus Wilayah Kebangkitan Pemuda Nusantara (DPW KPN) Sulsel. Peserta yang ikut Upacara ditaksir 50 orang dari Gabungan Kader KPN Takalar, KPN Gowa, dan KPN Makassar turut meramaikan pelaksanaan upacara tersebut. Selain itu juga di hadiri langsung oleh Ketuam Umum DPP KPN yang bertindak sebagai Inspektur Upacara. Pelaksanaan upacara yang digelar sejak pukul 07:30 itu terlaksana dengan penuh hikmat dibawa terik matahari. 


Sumpah Pemuda Jilid II merupakan yang dimotori oleh Kebangkitan Pemuda Nusantara sejak tahun 2020 yang dilaksanakan secara nasional dan hybrid (Offline dan Online) di Monument Mandala yang dikenal dengan Deklarasi Sumpah Pemuda Jilid II. Sudah menjadi kegiatan rutinitas tahunan yang diselenggarakan oleh KPN. Bentuk ikhtiar atas perjuangan pemuda Nusantara dalam membangun Bangsa dan Negara Kesatuan Republik Indonesia.


Latar belakang hadirnya Sumpah Pemuda Jilid II merupakan manifesto dan bentuk penghargaan KPN atas perjuangan para pemuda Indonesia sejak Kongres Pertama dan Kongres kedua yang melahirkan adanya Sumpah Pemuda. Sumpah Pemuda hari ini hanya sebatas seremonial semata dan pengulangan atas ikrar kita terhadap bangsa. Namun upaya yang menjadi kesemestian seorang pemuda telah jauh dari hal itu.


Sumpah Pemuda Jilid merupakan suatu upgrade atas Sumpah Pemuda 1928 dan juga merupakan bentuk jawaban atas tantangan zaman. Bahwa Sumpah Pemuda 1928 adalah sumpah yang memang masih relevan dengan zamannya. Dan zaman hari ini sdah jauh berbeda dengan zaman 1928 dimana kita masih terpecah bela dengan berbagai sektor, suku, budaya, adat, bahasa dan agama. Dan tantangan zaman hari ini yakni 5.0 sehingga upaya-upaya pemuda tentunya harus sesuai dengan zaman itu pula. Dengan tekat kami di Kebangkitan Pemuda Nusantara untuk membangun generasi yang berkarakter Pancasilais, dan ingin membangun sebuah peradaban universal yakni Peradaban Pancasila. Maka pada tahun 2020 lalu, kami bersepakat untuk memperbaharui Sumpah Pemuda yakni:
1. Kami Pemuda dan Pemudi Indonesia berkeyakinan Ideologi terbaik, Ideologi Pancasila
2. Kami Pemuda dan Pemudi Indonesia bersumpah bernegara satu, Negara Kesatuan Republik Indonesia.
3. Kami Pemuda dan Pemudi Indonesia bertekad Mewujudkan Peradaban Universal, Peradaban Pancasila.


Ali Rahman, Ketua Umum Dewan Pengurus Pusat dalam Pidatonya menyampaikan bahwa, hari ini tahun, depan dan tahun-tahun yang akan datang kita akan senantiasa memperingati Sumpah Pemuda Jilid II. Komitmen KPN dan kita semua sebagai Kader untuk Pancasila dan NKRI tentunya tidak akan luntur dengan hal apapun. Bahwa Pemuda Indonesia harus senantiasa bergerak dan bangkit untuk membangun karakter pemuda sebagaimana pesan para pendahulu kita dan kita adalah generasi yang tentunya bangsa harapkan di hari esok. Tegasnya.(*)

Citizen Reporter:  Firto

Iklan

×
Berita Terbaru Update