-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sat Polairud Polres Bangka Barat Ingatkan Nelayan Waspada Cuaca Ekstrem

Kamis, 02 Maret 2023 | 13.05 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-02T06:05:08Z
SimpulIndonesia.com_ BANGKA BARAT,- Jajaran Sat Polairud Polres Bangka Barat ingatkan para nelayan di wilayah Kabupaten Bangka Barat agar memperhatikan keselamatan saat mencari ikan di tengah laut.

Imbauan itu dilakukan oleh Polair kepada para nelayan yang sedang bersandar di Pelabuhan Ikan Muntok, Minggu (26/2/2023) lalu. Guna menciptakan kondisi yang aman dan nyaman bagi para nelayan di wilayah hukumnya.

Hal tersebut sebagaimana disampaikan oleh Kapolres Bangka Barat AKBP Catur Prasetiyo, SIK, melalui Kasat Polairud Polres Bangka Barat IPTU Sugiyanto, SH, dalam rilis berita, Rabu (01/03/2023).

Dikatakannya, para nelayan harus benar-benar waspada dan berhati-hati mengingat kondisi cuaca saat ini masih ektrem, khususnya di wilayah perairan laut Bangka Barat.

"Kita telah mengimbau kepada masyarakat khususnya masyarakat yang berprofesi sebagai nelayan, agar berhati-hati saat melaut, seperti semalam terjadi badai," ujar Sugiyanto.

Ia menyebutkan bahwa saat ini terpantau gelombang di perairan Bangka Barat masih tinggi. Ditambah lagi air laut pasang tinggi, sehingga masyarakat yang di pesisir harus waspada akan banjir rob.

"Kami mengimbau masyarakat di pesisir pantai yang kerap terjadi banjir rob harap waspada dan berhati-hati. Kami minta masyarakat segera melaporkan apabila kondisi kurang memungkinkan," tukas Sugiyanto. 

Meskipun untuk situasi saat ini, lanjut Sugiyanto bahwa Kamtibmas di perairan Bangka Barat masih kondusif. Belum ada informasi yang berkaitan dengan tindak pidana di laut.

Namun dirinya selalu mengingatkan agar nelayan tetap waspada saat melaut dan juga hindari penggunaan alat yang ilegal.

Pihaknya tetap terus memberikan pelayanan prima kepada masyarakat agar nelayan tetap aman dan nyaman saat mencari ikan di Perairan Muntok. Dengan melakukan setiap hari patroli di perairan. 

Tak hanya Polairud, kegiatan serupa juga dilakukan oleh Satuan Lalulintas Polres Bangka Barat yakni gencar menggelar patroli. Kegiatan itu guna menjaga keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas tetap kondusif di wilayah hukumnya.

Patroli dilaksanakan pada malam hari di tempat-tempat yang rawan terjadinya kecelakaan lalu lintas. 

Kasat Lantas Polres Bangka Barat, AKP M. Hardi mengatakan Ini merupakan salah satu bentuk patroli dialogis yang dilaksanakan untuk menciptakan Kamseltibcarlantas .

Dilakukannya kegiatan patroli dan hunti bersama-sama ini bertujuan dapat membuat masyarakat di daerah Kabupaten Bangka Barat selalu mentaati peraturan lalu lintas dan menjadikan kamseltibcarlantas sebagai kebutuhan.

"Kita berharap dengan adanya kegiatan ini dapat membuat masyarakat di daerah Kabupaten Bangka Barat selalu mentaati peraturan lalu lintas dan menjadikan kamseltibcarlantas sebagai kebutuhan," tutur M. Hardi.

Sementara itu, dikesempatan yang sama, Sat Samapta Polres Bangka Barat juga melakukan patroli. Hanya saja bedanya, mereka melakukan pendekatan dengan masyarakat dengan mengajak warga berdialog langsung.

Menurut Kasat Samapta, Iptu Alfaizun bahwa kegiatan patroli yang dilakukan siang dan malam merupakan kegiatan yang wajib dilakukan. Hal ini untuk menciptakan situasi wilayah yang kondusif.

"Selain kami melakukan patroli, kami juga akan terus memberikan edukasi maupun imbauan ke masyarakat," tukas Alfaizun.

Oleh karena itu, personel patroli motor yang setiap hari melakukan patroli keliling meminta kepada masyarakat agar selalu waspada terhadap adanya tindak kejahatan. 

Selain itu, apabila mengetahui atau melihat orang yang dicurigai bertindak kejahatan segera melapor ke call center Polres Bangka Barat 110.

"Apalagi ada yang mengetahui atau melihat orang yang mencurigakan berbuat tindak kejahatan, tolong segera laporkan. Atau
segera melaporkan ke call center Polres Bangka Barat 110," tegas Alfaizun. (Aimy).

Iklan

×
Berita Terbaru Update