-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Ritual Adat Andingingi Kampong Kembali Di gelar Di Desa Malleleng Kec Kajang

Selasa, 07 Februari 2023 | 17.46 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-07T10:46:07Z


Simpulindonesia.com_ BULUKUMBA,- Salah Satu Ritual Adat di Kecamatan Kajang kini kembali digelar di Desa Malleleng tepatnya di Dusun Bunja. Ritual Andingingi Kampong dengan kata lain Pendinginan Bumi atau kampung.06/02/2023.


Salah satu tujuan Ritual ini di laksankan untuk menjauhkan bencana  dan meminta Rezki melalui ritual andingingi kepada tu riek akra'na atau kata lain meminta kepada Allah SWT.



Berdasarkan pantauan Simpulindonesia.com, Dalam Kegiatan tampak Hadirkan tokoh adat, kapolsek kajang, anggota DPRD Fraksi PKB , kepala Desa malleng serta masyarakat Desa malleleng dan Desa Tetangga pun turut hadir menyaksikan ritual ini. 




Menurut Kepala Desa Malleleng Kecamatan Kajang Baso,St mengemukakan bahwa Kegiatan ini yang dinamakan Andingingi merupakan salah satua ritual adat yang harus dilakukan secara berkala agar masyarakat tetap menjanga nilai budaya leluhur kita.



"Dalam mementun ritual andingingi ini kami berharap kepada seluru masyarakat agar supaya kembali mengingat dan melakukan keseimbangan dalam setiap aktivitas kesehariannya. Tentunya nilai kebudayaan dalam hal andingingi ini perlu mendapat perhatian serta support dari pemerintah Daerah agar ikon daripada kearifan lokal budaya bisa jadi pemersatu, selain itu kegiatan ritual ini akan dijadikan kegiatan bekejanjutan yang dilakukan dalam setiap tahun." Singkat Kepala Desa Malleleng.


Reporter: Riswandi

Iklan

×
Berita Terbaru Update