-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Gatot Yulianto : Sebagai Pilot Project (percontohan) didaerah hukum Kota Pangkalpinang

Senin, 13 Februari 2023 | 23.18 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-13T23:55:11Z



Simpulindonesia.com_ PANGKALPINANG,-  Kampung Tangguh Anti Narkoba (KTAN) Desa Batu Belubang Kecamatan Pangkalan  Baru Kabupaten Bangka Tengah resmi diluncurkan oleh  Kapolres Pangkalpinang, Jumat (10/2/2023). 


Dijadikannya Desa  Batu Belubang sebagai KTAN bertujuan  sebagai bentuk pencegahan narkoba secara dini.

Selain itu, keberadaan KTAN di Batu Belubang ini  adalah untuk  pertama kalinya, artinya, sebagai pilot project (percontohan) didaerah-daerah yang ada di wilayah hukum Kota Pangkalpinang.


"Pada hari ini, hari Jum'at yang penuh berkah ini, kita meresmikan kampung tangguh anti narkoba yang pertama kali di wilayah Kota Pangkalpinang," ungkap Kapolresta Pangkalpinang KBP Gatot Yulianto S.I.K M. HP saat memberi sambutan pada peresmian KTAN Desa Batu Belubang.


Menurut Gatot Yulianto selain sebagai pilot project (percontohan), Ini juga menjadikan suatu kebanggaan bagi masyarakat Pangkalpinang, khususnya masyarakat Desa Batu Belubang.


Tentunya dengan pencanangan yang pertama ini setidaknya  harus menjadi contoh bagi Desa-desa yang lain. 


"Kegiatan ini  merupakan progam Polresta Pangkalpinang. Di mana saat itu kita mendengar  curhat masyarakat Batu Belubang pada acara Jum'at Curhat bersama bersama Bapak Kapolda Kepulauan Bangka Belitung di Desa Batu Belubang  beberapa waktu lalu yang," ujar Gatot Yulianto seraya menyebutkan Polresta akan selalu  merespon curhatan dan suratan dari masyarakat. 


Saat itu, banyak masyarakat yang mengeluh tentang peredaran  narkoba di  wilayah tersebut. Kondisi ini sangat memprihatinkan.


"Warga merasa takut akan perkembangan peredaran narkoba ini. Karena bisa mempengaruhi dan merasuki anak-anak kita, saudara kita dan tetangga kita. Oleh karena itu, kita harus memberantas narkoba," tutur Gatot Yulianto meniru permintaan dari warga.


Sebagai salah satu upaya atau solusi dalam pencegahan  bahayanya penyalahgunaan narkoba adalah  dengan mendirikan Kampung Tangguh Anti Narkoba. 


"Dengan adanya Kampung Tangguh Anti Narkoba di Desa Batu Belubang ini, mudah-mudahan akan  terwujudkan Desa Batu Belubang Yang Bersih, Bebas Bersinar dan Bebas Narkoba," tukas Gatot Yulianto berharap.


Sementara itu, Kades Batu Belubang, H. Ahirman mengatakan Desa Batu Belubang merupakan Desa pariwisata baru dan juga sudah ditetapkan sebagai kawasan pariwisata. 


Disamping daerah wisata alami,  Desa Batu Belubang juga  merupakan Desa keragaman.  Karena di Desa tersebut  hampir setiap suku yang ada di Indonesia mulai dari Sabang hingga Marauke, ada tinggal di Desa Batu Belubang tersebut.

 

Dengan status demikian, tentu saja besar  berkemungkinan akan banyak permasalahan yang akan timbul dan  dihadapi. Termasuk salah satunya masalah peredaran narkoba.


Untuk itu, Gatot Yulianto menyebutkan bahwa sebagai langkah untuk mengantisipasi masalah tersebut, dibentuklah Kampung Tangguh Anti Narkoba.

Setidak-tidaknya dapat  bersinergi dalam hal antispasi penyalahgunaan di Desa Batu Belubang sebagai daerah Pariwisata dan daerah Peragam.


Disebutkannya,  terbentuk KTAN juga merupakan atensi Bapak Kapolda Kepulauan Bangka Belitung pada saat program Jum'at Curhat (13/1/ 2023) lalu.


"Sebelumnya Desa Batu Belubang bersama Polsek Pangkalan Baru juga telah melakukan pembentukan untuk Kampung Tangguh Anti Narkoba," jelasnya.


"Alhamdulillah, hari ini kita telah siap untuk  diresmikannya Posko Kampung Tangguh Anti Narkoba, walaupun bertempat di Kantor Desa Batu Belubang," tutur H. Ahirman.


Pada peresmian ini, dihadiri Kades Batu Belubang, H. Ahirman. Perwakilan Kesbangpol pemerintah Kabupaten Bangka Tengah Fajri,  Kabag Ops Polresta Pangkalpinang KOMPOL Toni Susanto, S.H, Kasat Narkoba AKP Antoni, S.H M.H, Kapolsek Pangkalan Baru IPTU Taufan Arif Nugroho, S.I.K.


Juga disaksikan oleh BPD Desa Batu Belubang, Bhabinkamtibmas Desa Batu Belubang Aipda Nodi Gunawan, Babinsa Serda Ghozali, perangkat Desa Batu Belubang, Kadus, Ketua RT dan Insan Pers.


Kegiatan dilanjutkan dengan penandatanganan Nota Kesepahaman Pencanangan  pernyataan peresmian kampung tangguh anti narkoba oleh Kapolresta Pangkalpinang. 


Serta pengalungan tanda peserta kampung tangguh anti narkoba oleh Kapolresta Pangkalpinang kepada Ketua Posko Kepala Desa Batu Belubang. (Aimy).

Iklan

×
Berita Terbaru Update