-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Pekerjaan Pembangunan saluran Irigasi Di Desa Bontorannu diduga asal jadi

Jumat, 23 Desember 2022 | 20.44 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-23T14:44:31Z
Foto : Lokasi Pekerjaan Irigasi di Dusun Bungaya Desa Bontorannu kec kajang (Dok)



Simpulindonesia.com_ BULUKUMBA,- Pekerjaan pembangunan saluran air irigasi pesawahan di Dusun Bungaya, Desa Bontorannu Kecamatan Kajang, Kabupaten Bulukumba Provinsi Sulawesi Selatan, diduga asal jadi, termasuk tidak memasang papan informasi nama proyek, jumat (23/12/22).

Akibat tidak dilengkapi pemasangan papan informasi proyek, pekerjaan itu akhirnya menimbulkan sorota dari Aliansi Pemerhati Pembangunan Desa (APPD) Kecamatan Kajang

Diduga itu merupakan modus untuk membohongi masyarakat agar tidak diketahui kisaran anggaran serta sumber anggaran. 

Semestinya pihak pemerintah terkait harus menyurati atau menegur pemborong atau kontraktor untuk memasang papan informasi setiap kegiatan pembangunan yang dibiayai uang negara.

Hal ini juga dipertegas dalam Undang-Undang Keterbukaan Informasi Publik (KIP) Nomor 14 tahun 2008, dan Perpres Nomor 54 Tahun 2010, Nomor 70 tahun 2012.

Dimana didalamnya mengatur setiap pekerjaan bangunan fisik yang dibiayai negara wajib memasang papan nama proyek yang memuat jenis kegiatan, lokasi proyek, nomor kontrak, waktu pelaksanaan proyek dan nilai kontrak, serta jangka waktu pekerjaan.

Pemasangan papan nama proyek merupakan implementasi azas transparasi, sehingga masyarakat dapat ikut serta dalam proses pengawasan.

Salah satu Warga Tempatan yang tergabung dalam Aliansi Pemerhati Pembangunan Desa (APPD) Kecamatan Kajang menyoroti pekerjaan tanpa papan informasi itu. Dirinya menyebut bahwa proyek Pembangunan saluran air irigasi tanpa  papan nama informasi tersebut adalah proyek siluman.

“Sebab sama sekali tidak terpasang papan informasi, terkait pembangunan irigasi tersebut sangat banyak kejanggalan terutama yang sangat jelas menurut kami selaku Masyarakat Desa Bontorannu Sangat menyangkan adanya kegiatan tanpa memasang papan informasi, inilah yang jadi pertanyaan kami ada apa dengan pembangunan ini, “ kata Sumber tersebut.

Menurutnya, selama ini mereka belum mengetahui berapa nilai pagu anggaran dan juga berapa meter panjang termasuk berapa tinggi juga lebar irigasi yang di bangun tersebut

” Pasalnya papan kegiatan nya pun tidak ada inilah yang membuat kami sangat penuh pertanyaan jika ini jelas nilainya kami sebagai warga kan wajib tau, akan tetapi apa yang terjadi, ini terkesan pekerjaan proyek terselubung ,”pungkasnya 

Foto : Lokasi Pekerjaan di Dusun Jannaya Desa Lembanna Kecamatan Kajang


Diketahui Pekerjaan pembangunan saluran Irigasi persawahan juga terdapat dugaan yang sama, tidak memiliki papan informasi tepatnya di Dusun Jannaya Desa Lembanna Kecamatan Kajang.(Red)


Iklan

×
Berita Terbaru Update