-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Rohis Al Fath SMKN 1 Bulukumba Sukseskan Pengukuhan Dan Pembekalan Pengurus Baru

Sabtu, 05 November 2022 | 12.08 WIB | 0 Views Last Updated 2022-11-05T05:08:14Z




Simpulindonesia.com_BULUKUMBA,- Organisasi Ikatan Rohani Islam Al Fath (IKROFATH) adalah organisasi yang bertujuan untuk memperkuat dan memperdalam ajaran Islam di SMKN 1 Bulukumba. Salah satu fungsi IKROFATH sendiri menjadi sarana forum keislaman, pengajaran dan Dakwah di lingkungan sekolah. Melalui program Latihan Dasar Kepemimpinan Islam (LDKI), pihak SMKN 1 Bulukumba berhasil menyukseskan pengukuhan dan pembekalan pengurus Rohis Al Fath yang baru. Kegiatan ini berlangsung di Aula SMKN 1 Bulukumba dan dihadiri dengan total 48 peserta (Sabtu, 05 November 2022).


Dalam pembukannya, ibu Dr. Ramliati, S.Pd.I., M.Pd.I. selaku pembina Rohis mengingatkan terkait fungsi pengurus Rohis, dimana dalam menyusun program kerja kelak seluruh pengurus dapat memahami tugas pokok dan fungsinya masing masing.


“Mendata siswa siswi yang masih kesulitan untuk mengaji, yang bacaan atau tajwidnya belum lancar, mengadakan pengajian dan mengontrol rutinitas Literasi Al Qur’an tiap Jum’at, latihan nasyid, dakwah, debat Islam, pembuatan mading dan poster Dakwah,” ujarnya.


Diantara pengurus Rohis Al Fath yang terpilih, antara lain : Aan Aditya (Ketua), Nur Ifkah (Sekretaris), dan Asmaul Husna (Bendahara).


Sebelum mengawali program kerja, pengurus yang terpilih terlebih dahulu dikukuhkan dan diberi pembekalan melakui kegiatan LDKI dengan mengangkat tema AKSARA : Antara Aku Sekolah dan Akhirat.


Pengukuhan pengurus Rohis Al Fath sendiri diwakili oleh ibu Dr. Ramliati, S.Pd.I., M.Pd.I. selaku pembina Rohis Al Fath.


Pengukuhan ditandai dengan pengucapan ikrar pengurus Rohis Al Fath oleh pembina yang diikuti oleh seluruh pengurus Rohis lainnya.


Dalam pembekalannya sendiri ada 2 materi yang dibawakan oleh pemateri yang berbeda. 

Sebagai pembekalan awal, Ust. Yunar Asmar yang merupakan alumni dari SKMN 1 Bulukumba Angkatan 2018 membawakan materi terkait Kepemimpinan.


Pengalaman organisasi Ust. Yunar Asmar sendiri di SMKN 1 Bulukumba aktif dalam berbagai kegiatan organisasi yang juga dibina langsung oleh Dr. Ramliati, S.Pd.I., M.Pd.I


Pada pembekalan awal ini, pemateri menekankan beberapa poin penting kepada para pengurus Rohis, diantaranya : Menjadi sosok teladan yang baik diantara para peserta didik lainnya, mengaktifkan Musyawarah, selalu ingin belajar, menjadi pendengar yang baik (saran), dan menekankan pada pentingnya Literasi.


Pada materi kedua yang dilaksanakan setelah Shalat Dhuhur, Ust Supriadi Nasir, S.Pd yang merupakan Kepala Sekolah Pondok Pesantren Abu Bakar Ash Shiddiq Wahdah Islamiyah Bulukumba membawakan materi terkait kepribadian seoang aktivis Rohis.


Point utama yang Ust. Supriadi Nasir, S.Pd menekankan pada potret pemuda yang ideal dimana seorang pelajar harusnya melek dengan kondisi dan masalah kontemporer di dalam lingkungan mereka, lalu mampu berbuat untuk kemaslahatan bersama dengan menanamkan nilai nilai Agama.


Sebagai penutup, bagian akhir dari kegiatan dilakukan evaluasi kepada peserta mengenai pendalaman materi yang telah diberikan. Bagi peserta yang berhasil menjawab pertanyaan dengan tepat akan mendapatkan hadiah yang telah disiapkan oleh panitia.


Pengukuhan dan pembekalan Pengurus Rohis Al Fath SMKN 1 Bulukumba berjalan dengan lancar. Selama proses kegiatan, peserta cukup antusias dengan materi yang diberikan.


Yel Yel Rohis Al Fath SMKN 1 Bulukumba : 

Rohis Al Fath? Allahu Akbar, Allahu Akbar, Allahu Akbar!



Reporter : Ahmad Robbani

Iklan

×
Berita Terbaru Update