-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Hilda Agustina S.E M.Si Bacalon Wawako Pangkalpinang, Siap Di Pinang & Siap Jadi Pemenang

Minggu, 28 April 2024 | 17.54 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-28T10:58:58Z
SIMPUINDONESIA.com_ PANGKALPINANG,- Saat ini dunia poliktik dalam pemilu maupun pilkada tidak hanya menjadi domain kaum laki-laki saja. Akan tetapi  Kaum perempuan juga ikut tampil dan ambil bagian dalam kancah politik  dalam disetiap hajatan demokrasi.

Seperti halnya pada Pemilihan Kepala Daerah (Pilkada) Kota Pangkalpinang tahun 2024 kali ini. Dimana, sosok perempuan bernama Hilda Agustina S.E  M.Si pada Jum'at (26/4/2024) pagi sekira pukul 09.00 WIB mendatangi kantor DPD Partai Golkar Kota Pangkalpinang guna  mendaftarkan diri menjadi Bakal Calon Wakil Walikota (Bacalon Wawako) Pangkalpinang Periode 2024-2029.

Hilda Agustina merupakan satu-satunya  orang pertama sebagai perwakilan perempuan yang mencalonkan diri sebagai Bacalon Wawako Pangkalpinang di Kantor DPD Partai Golkar Kota Pangkalpinang.

Kedatangan Hilda Agustina mengenakan jaket kuning dengan kombinasi  celana hitam dan hijab hitam  tersebut tidak sendirian. Dia didampingi seorang senioritanya, ibu Rina Tarol  yang merupakan politikus ternama di Provinsi Bangka Belitung dan khusnya di daerah Kabupaten Bangka Selatan.

Tak sampai disitu saja, terlihat ratusan para pendukung dan simpatisan Hilda Agustina memadati kantor DPD Partai Golkar Kota Pangkalpinang. Terdengar tak henti-hentinya suara teriakan dan Yel-yel yang menyebutkan "Perwakilan Perempuan kali ini harus ada. Kita dukung Hilda Agustina. Hidup Hilda Agustina".

Mereka terdiri dari Kesatuan Perempuan Partai Golkar (KPPG) Kota Pangkalpinang dan Babel, Perempuan Indoensia Maju (PIM) Babel,  Srikandi Pemuda Pancasila Babel serta para simpatisan. Begitu luar biasa dan suasana terlihat begitu meriah.

Kedatangan Hilda Agustina atau biasa disapa Titin ini disambut langsung oleh Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Pangkalpinang, Edi Sunanta beserta Pengurus Partai berlambang Pohon Beringin Kota Pangkalpinang,   Ketua Wanhat  Partai Golkar Kota Pangkalpinang,  Samsul Aritonga dan Ketua dan Sekretaris Tim Penjaringan Pilkada Wako dan Wawako Pangkalpinang, Dedi Supriyanto dan Firman Aghriby.

Berkas pendaftaran Bacalon wawako Titin dinyatakan lengkap dan syah diterima langsung oleh Ketua Ketua 
Tim Penjaringan Pilkada Wako dan Wawako Pangkalpinang, Dedi Supriyanto.

Dari keterangan yang disampaikan Kepada SimpulIndonesia.com, dirinya menyebutkan bahwa dasar  pertama kali ia mendaftar menjadi Bacalon Wawako ke DPD Partai Golkar adalah atas nama besarnya gender perempuan.

"Jujur, saya berani mencalonkan diri sebagai Bacalon Wawako periode 2024-2029 adalah untuk keterwakilan perempuan Kota Pangkalpinang. Saya ingin memaksimalkan peran perempuan yang ada di Kota Pangkalpinang," ujar Titin.

Karena, menurut Titin sesekali harus ada keterwakilan perempuan menjadi Wakil Walikota Pangkalpinang.

Namun, sebelum melangkah ke ikut sertaannya dalam bursa Wawako pada Pilkada Pangkalpinang ini, dirinya terlebih dulu melakukan konsultasi dengan para tokoh senior ataupun kader Partai Golkar. 

Untuk itu, secara tegas ia menyatakan bahwa pendaftaran dirinya bukan hanya sekedar mencalonkan diri begitu saja. Akan tetapi lebih di dasari dengan niat yang tulus dan  hanya untuk mengabdikan diri melayani masyarakat Kota Pangkalpinang. 

“Partai Golkar memberikan amanah dan kepercayaan kepada saya untuk maju sebagai bakal Cawawako Pangkalpinang pada Pilkada tahun 2024 ini,” imbuhnya.

Dirinya juga tidak menampik bahwa keikutsertaannya dalam mencalonkan Wawako, selain berlatar belakang politik, juga banyaknya dukungan dan keinginan masyarakat khusus dari para perempuan dan organisasi yang ia pegang untuk ikut dalam bursa Wawako Pangkalpinang.

Ya, memang  diketahui bahwa sosok srikandi Hilda Agustina atau yang sering dikenal dengan sapaan Titin kelahiran Pangkalpinang, 26 Agustus 1976 ini, sudah tidak asing lagi  dan sudah banyak yang mengenali dirinya,  baik dilingkungan kalangan masyarakat, organisasi dan partai politik. Baik itu di Bangka Belitung pada umumnya maupun di Kota Pangkalpinang  khususnya.

Ibu berkulit putih dan berparas cantik satu ini merupakan srikandi asli Pangkalpinang dan dibesarkan di Pangkalpinang. Dimana masa kecilnya sempat mengenyam sekolah SD STANIA Koba Bangka Tengah karena orang tua saat itu adalah karyawan PT. Kobatin Koba.

Ketika tamatan SD, beliau masuk SMP di Pangkalpinang dan kemudian SMA masuk SMA Muhammadiyah Pangkalpinang. Disekolah selalu aktif kegiatan ekstrakulikuler. Mulai dari Drum Band Muhammadiyah hingga kegiatan lainnya.

Memiliki suara emas yang begitu  enak didengar, ketika masih kecil hingga remaja sering ikut lomba nyanyi. Tak heran sederet penghargaan yang pernah diraihnya yang kini terpampang rapi di rumahnya. Belatar seorang penyanyi  mewarisi darah seni dari orang tuanya bernama Syamsudin.

Tak sampai situ saja, selain memiliki suara yang bagus, ia juga seorang MC terkenal baik di Bangka Belitung maupun hingga di luar Bangka Belitung. Bahkan pernah menjadi MC acara kepresidenan di Jakarta. Hal hasil, dari kepiawaannya membuat nama dan  wajahnya menjadi familiar.

Dirinya juga dikenal memiliki jiwa sosial yang tinggi. Peduli sesama masyarakat, pemurah dan sering berbagi serta murah senyum. Tak heran bila srikandi satu ini di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung banyak masyarakat mengenalinya. Ini tidak lepas dari kecakapannya dalam bersilaturahmi baik dari masyarakat biasa sampai pejabat negara.

Dirinya sempat tercatat menjadi Pegawai Negeri Sipil (PNS) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung dan bekerja di Kementerian Dalam Negeri Republik Indonesia. Kemudian beliau memilih berhenti (resign) bergabung dengan salah satu perusahaan Ternama di Jakarta yang pimpin langsung oleh pengusaha muda H. M. Fitno asal Pangkalpinang.

Pekerja Keras dan Perintis Beberapa Usaha

Tupoksi sebagai pekerja keras dan mandiri dan tak malu untuk belajar, nembuat Hilda Agustina  (Titin) mampu merintis beberapa usaha dan mempekerjakan beberapa karyawan. Tak heran, selain menjadi penyanyi profesional, MC dan bekerja di perusahaan besar PT. F. Corp di Jakarta  semua di dapat berkat ketekunannya dan kerja kerasnya.

Dibalik kesuksesannya, prinsip yang tertanam dalam dirinya yakni selalu menjaga kepercayaan dan amanah dari setiap relasi. Termasuk pantang menyerah ketika ada masa-masa surut dalam menekuni beberapa usaha. Baginya jika ada hambatan yang dihadapi harus disikapi dengan bijak dan dijadikan sebagai pengalaman. Bukan justru membuat dirinya berputus asa dan menyerah.

"Semua yang diperoleh selama ini tidak terlepas dari peranan orang tua membuat diri saya menjadi sosok mandiri, aktif dan ramah Kepada siapapun yang membutuhkan. Sehingga tercipta kepribadian yang hangat dan lembut,"   tutur Titin seraya mengingat akan sosok kepribadian almarhumah ibunya.

Jiwa dan semangat ingin tahu yang ada pada dirinya,  belajar dan terus ingin menambah pengalaman tak pernah surut dalam dirinya. 

Tak heran ditengah penuh kesibukannya mengurus bisnis dan usaha yang dirintisnya, perempuan berparas cantik ini banyak aktif di beberapa Organisasi Kemasyarakatan (Ormas) dan Organisasi Pemberdayaan.

Hingga di percaya menduduki posisi strategis yang saat ini diamanahkan menjadi Ketua Umum Dewan Pengurus Daerah Perempuan Indonesia Maju Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (DPD PIM Babel) periode 2023 - 2028 dan Ketua Dewan Perwakilan Wilayah Srikandi Pemuda Pancasila Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (DPW Srikandi PP Babel)  periode 2023-2027.

Setelah itu, dengan mempertimbakan secara matang dan  direstui oleh orang tua dan keluarga serta kerabatnya, dirinya  memutusan untuk terjun langsung ke dunia Politik dengan  bergabung ke Partai berlambang Pohon Beringin, yakni Partai Golongan Karya (Golkar) yang memiliki slogan "GOLKAR OPTIMIS... INDONESIA SEHAT.. RAKYAT SEJAHTERA" 

Ia menyatakan bahwa ikut bergabung di Partai politik karena ada panggilan nurani yang mengiringinya. Sekalipun itu adalah dunia baru dan menjadi tantangan tersendiri bagi dirinya. Namun tidak ada kata terlambat jika dari awal  ada niat yang tulus untuk bekerja demi rakyat.

 *Dapat Kepercayaan Menjadi Calon Wakil Walikota Pangkalpinang* 
Niat tulus dan kesungguhan Hilda Agustina (Titin) untuk mengabdi lewat politik membuat Partai Golkar memberikan kepercayaan dan amanah untuk maju sebagai calon Wakil Walikota Pangkalpinang.

Partai Golkar memberikan kepercayaan karena KEMAMPUAN, KEULETAN serta PENGALAMAN Hilda Agustina (Titin) selama ini diyakini dan mampu  berbuat lebih banyak jika terpilih untuk masyarakat Kota Pangkalpinang.

Oleh karena itu, dengan telah diberikan kepercayaan ini, Hilda Agustina (Titin) memohon do'a restu, dukungan dan kebersamaan untuk berjuang  di pemilihan Wakil Walikota Pangkalpinang.

Dirinya siap mendorong pemberdayaan masyarakat, memperjuangkan berbagai program yang berkepihakan kepentingan rakyat serta meningkatkan kesejahteraan rakyat. Ini merupakan tekad dan impian dirinya yang tak perlu ditawari lagi.

"Terima kasih banyak atas apresiasi dan dukungan baik dari Partai Golkar maupun masyarakat Kota Pangkalpinang untuk meminta  saya mencalon diri sebagai Wawako sebagai perwakilan perempuan," tutur Titin dengan mata berkaca-kaca tak kuasa menahan rasa haru saat mendengar adanya dorongan dan dukungan yang diberikan kepada dirinya.

Ia juga mengakui  bahwa dirinya terpanggil untuk maju sebagai calon Wakil Walikota Pangkalpinang, karena ingin berbuat untuk kota kelahirannya. 

"Kedepannya mungkin ada perempuan-perempuan yang bisa mendukung saya untuk menata Kota Pangkalpinang ini," kilah Titin.

Diakuinya, sekarang Kota Pangkalpinang sudah sangat bagus. Namun masih banyak hal-hal yang perlu dibenahi dan harus ditata ulang kembali. 

"Saya sebagai orang asli Pangkalpinang dan dibesarkan di Pangkalpinang, tentu ingin memberikan kontribusi besar untuk Kota Pangkalpinang. Pangkalpinang sudah sangat bagus. Namun ada hal-hal yang mungkin perlu  dibenahi dan di tata yang lebih baik lagi. Kita hidup pasti ada kekurangan. Manusia tidak ada yang tidak kurang," ungkap Titin.

Srikandi yang terkenal murah senyum dan pandai bergaul serta  memiliki sifat sosial  tinggi ini menyebutkan bahwa salah satu  program khusus yang akan menjadi prioritasnya adalah program memaksimalkan peran wanita yang ada di Kota Pangkalpinang dan juga fokus untuk  memulai dari sumber daya manusia melalui UMKM.

Untuk program yang sudah bagus, menurut Titin  tentu saja  harus dipertahankan.  Sedangkan program yang kurang hendaknya diperbaiki lagi. Termasuk dengan adanya program-program lain untuk membuat Kota Pangkalpinang ini lebih baik lagi.

"Dari kekurangan-kekurangan kita akan belajar dan dari yang baik akan kita perjuangkan untuk lebih baik lagi. Tapi kita lebih konsen ke arah faktor kesejahteraan masyarakat Pangkalpinang,"  tegas wanita yang menyandang gelar S2 ini.

Lebih jauh Titin menyebutkan bahwa dirihnya juga  menurut rencana juga akan mendaftarkan diri melalui Partai politik lainnya.  Karena kursi Partai Golkar di DPRD Pangkalpinang ada 5 kursi. Masih kurang minimal 1 kursi lagi. Artinya masih harus berkoalisi dengan partai-partai lainnya.

Namun dirinya mengakui bahwa sampai saat ini untuk berkoalisi dengan Partai manapun yang pasti belum ada. Hanya saja dirinya sudah berkomunikasi secara pribadi dengan mereka-mereka yang ada partai. Melakukan pertemuan, silaturahim dengan teman-teman partai-partai lainnya. 

Namun sifatnya baru  silaturahmi, ngobrol biasa. Mereka tidak keberatan menerima dirinya untuk mendaftarkan di partainya. 

"Pada prinsipnya, saya siap di pinang dan untuk jadi pemenang," tukas Titin optimis seraya menambahkan bahwa dirinya  belum berani mengatakan  sosok figur yang akan mendampinginya di Pilkada Pangkalpinang nanti.

Titin juga banyak melakukan kegiatan dan merealisasikan banyak program pengabdian yang ditujukan kepada masyarakat. Selama ini kontribusinya di Bangka Belitung pada umumnya dan Kota Pangkalpinang  pada khususnya di nilai juga sudah banyak. 

Terkait namanya nanti muncul di bursa Pilkada Pangkalpinang, Titin mengaku memang dirinya selalu terbuka dari dulu. Jika ada dorongan dan banyak yang mendukung serta ada pinangan dari partai lain dirinya selalu terbuka.

Namun dirinya tidak menampik dalam pencalonannya sebagai Wawako ini sudah pasti harus melalui prosedur yang ada.

Diantaranya harus ada pencalonan dari partai-partai politik yang lain yang memiliki kursi di DPRD Kota Pangkalpinang. Sebab Partai Golkar mempunyai 6 kursi  Sedangkan syaratnya untuk bisa mengajukan pasangan calon Wako dan Wawako itu minimal 6 kursi 

"Yaa kita pasti Akan berkoalisi dengan partai-partai lainnya untuk memenuhi  persyaratannya. Sekarang Partai Golkar punya 5 Kursi. Jadi minimal butuh 1 kursi lagi," tukas Titin.

Diakuinya, sejauh ini  dirinya juga sudah melakukan pertemuan, silaturahim dengan teman-teman partai-partai lainnya. Namun sifatnya baru  silaturahmi, ngobrol biasa.

Sementara itu, ketika diminta pendapatnya tentang kondisi Pangkalpinang saat ini, sambil melepas senyum ia mengatakan banyak hal yang perlu dibenahi.  Salah satunya pastilah Mindset atau pola pikirnya. Karena berpengaruh terhadap kesuksesan.

Menurutnya, perempuan memiliki potensi besar dan perlu untuk didukung melalui sinergi dan kolaborasi multipihak. Banyak progress pencapaian dan kebijakan yang di perjuangkan untuk kaum perempuan di Kota Pangkalpinang. 

"Kita perlu kolaborasikan potensi ini sehingga muncul pendekatan politik yang mengedepankan6 perspektif gender, inklusif, afirmatif dan emansipatif sehingga kebijakan kita lebih berwarna dari berbagai perspektif,” tutur Titin.

Bila dilihat dari pengalamannya yangcm sering turun ke lapangan dalam berbagi kasih, terutam Jum'at Barokah ditambah organisasi dan partai politik yang diembannya, tentu  beliau  sedikit banyak mengetahui bagaimana kondisi Pangkalpinang saat ini.

Untuk itu, Titin memohon do'a restu, dukungan dan kebersamaan untuk berjuang jika nanti bisa diusung Partai Golkar untuk maju Pilwako. 

"Saya berharap bisa maju dalam pencalonan  wakil  Walikota Pangkalpinang," ungkapnya.

Sementara itu, Sekretaris DPD Partai Golkar Kota Pangkalpinang, Edi Sunanta kepada SimpulIndonesia.com mengatakan bahwa Hilda Agustina menjadi perempuan pertama yang mendaftarkan diri sebagai Bakal Cawawako untuk Pilkada 2024 melalui Partai Golkar. 

Menurut Edi Sunanta atau Edi Bonger sapaang akrab hari-harinya bahwa Ibu Hilda Agustina (Titin) merupakan sosok  seorang Srikandi pekerja keras dan perintis beberapa usaha serta aktif di beberapa organisasi perempuan. 

"Kami atas nama Pengurus DPD Partai Golkar Kota Pangkalpinang mengucap terima kasih kepada ibj Hilda Agustina (Titin) yang telah mendaftar diri sebagai Wawako Pangkalpinang. Semoga hasil survei nantinya akan tinggi," harap Edi Bonger 

Edi berharap, bahwa siapapun itu yang mendaftarkan diri merupakan orang orang yang serius bekerja untuk membantu perkembangan kota Pangkalpinang.

"Partai Golkar memberikan kesempatan kepada  masyarakat luas dan juga para kader partai-partai lainnya untuk mendaftarkan dirinya di DPD Partai Golkar Kota," kilah Edi.(Aimy).

Iklan

×
Berita Terbaru Update