-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Kakankemenag Bulukumba H. Misbah Isi Kajian Spesial di Masjid Agung Bulukumba, Berikut Motivasinya!

Minggu, 23 Juli 2023 | 20.54 WIB | 0 Views Last Updated 2023-07-23T13:57:21Z
Kepala Kantor Kemenag Bulukumba, H. Misbah, S.Ag., MA

SimpulIndonesia.com, BULUKUMBA
-- Uraikan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bulukumba H. Misbah, S.Ag., MA sempat memberikan ceramah agama pada Ahad, 23 Juli 2023 antara magrib sd Isya di Masjid Agung Bulukumba.

 

Ia diminta untuk bertindak imam shalat magrib dan dilanjutkan mengisi ceramah agama.

 

Mengawali ceramahnya Ustadz H. Misbah mengatakan, pada kesempatan ini, saya didaulat untuk meberikan tausiah (magrib) sekalipun itu alhamdulillah di masjid agung kita ini setiap malam jum’at ada tausiah, ada kajian tentu semua ini dilakukan yang tak lain dan tak bukan untuk memperkuat dari agama yang kita anut.

 

Menurutnya, sebab itu agamae tergantung idi’ (agama itu tergantung kita) jadi agama itu akan bermanfaat pada diri kita kalau kita mencintau itu agama, tapi kalau kita madodong di agamae (lemah perhatian kita terhadap agama), madodong tonggi itu fahatta di agamae (maka pemahaman agama kita juga akan lemah).

Ia pun mengutip 1 hadis dari Rasulullah Saw yang diriwayatkan oleh HR. Al-Bukhari dan Muslim

 

مَنْ يُرِدِ اللهُ بِهِ خَيْرًا يُفَقِّهْهُ فِيْ الدِّيْنِ

Artinya jelas Ust H. Misbah “Barangsiapa yang Allah inginkan kebaikan padanya, Allah akan pemahaman ia dalam masalah agama.

“Pertama, orang yang punya keinginan, kemauan untuk belajar agama, memang mencari, mau belajar tentang agama, ini kita punya kewajiban, mencari dan terus mencari. Untuk memahami ilmu Allah Swt punya hak. Kalau kita disayang Allah Swt maka kita akan paham, yang penting tugas kita untuk mencari,” uraiannya.

 

“Kedua, orang yang diberikan pemahaman dalam agama, yang begini ini sudah haknya Allah Swt ini,” tambahnya.


Kesempatan tersebut ia menyampaikan ceramah tentang rukun agama, dan selengkapnya melalui live streaming facebook Masjid Agung Bulukumba

Iklan

×
Berita Terbaru Update