-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Simpulindonesia.com : Cegah Penularan PMK Pada Hewan Ternak

Kamis, 04 Mei 2023 | 18.19 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-04T11:19:07Z


Foto : Babinsa Lakukan Pendampingan Vaksinasi PMK


SIMPULINDONESIA.COM_ BLITAR-- Babinsa Koramil 0808/10 Kademangan Kodim 0808/Blitar Serka M.Saifudin, melaksanakan kegiatan pendampingan vaksinasi Penyakit Mulut dan Kuku (PMK) yang dilakukan oleh Dinas Peternakan Kabupaten Blitar di wilayah binaannya, bertempat di Desa Sumberjo Kecamatan Kademangan Kabupaten Blitar, Kamis (04/05/2023).


Menurut Serka M.Saifudin saat ditemui menuturkan, bahwa pemerintah saat ini masih terus berupaya memberantas adanya wabah penyakit mulut dan kuku (PMK), yang tersebar di beberapa daerah.


"Penyakit mulut dan kuku tergolong penyakit menular yang rentan menyerang pada hewan berkuku belah atau genap seperti halnya sapi, kambing, domba dan lainnya," kata M.Saifudin


Lanjut, Serka M.Saifudin menyampaikan, pencegahan penyakit mulut dan kuku (PMK) dapat dilakukan dengan rutin membersihkan kandang, peralatan dan bahan-bahan lain yang memungkinkan bisa menularkan PMK, dengan deterjen atau disinfektan.


Dalam kegiatan pendampingan tersebut, Serka M.Saifudin mengatakan siap selalu untuk membantu pemerintah dalam upaya mencegah dan menangani PMK yang terjadi di wilayah binaannya.


Ia juga menghimbau kepada warga, "yang memiliki hewan ternak seperti sapi, kambing, domba dan lainnya, agar senantiasa menjaga kesehatan hewan ternak miliknya. Apabila ditemui ada hewan ternak bergejala PMK, segera dilaporkan ke dinas terkait."imbuhnya


"Sehingga dapat segera ditangani dengan cepat dan tepat, hal ini sekaligus sebagai upaya untuk mencegah adanya penyebaran PMK terhadap hewan ternak yang lain," tegasnya. (Dim0808).

Iklan

×
Berita Terbaru Update