-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

BERITA SPESIAL ! DIALOG PEMUDA BERSAMA PEMERINTAH Sukses Terlaksana, Suriyandi Siap Pimpin 38 Pengurus KNPI BULUKUMPA!

Minggu, 19 Februari 2023 | 13.52 WIB | 0 Views Last Updated 2023-02-19T07:06:48Z

Simpulindonesia.com_ BULUKUMBA,- Pemuda Dalam Bingkai Arah Kebijakan Pemerintah menjadi tema Bazar & Dialog yang diselenggarakan di Warkop Sembarang Ballasaraja, Bulukumpa. Bazar ini dihadiri oleh 42 peserta yang merupakan para pemuda dan pemudi yang ada di kecamatan Bulukumpa (Jum'at, 17 februari 2023).

Ahmad Rivandi selaku ketua DPD KNPI Bulukumba memulai dialog dengan mengangkat Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) kabupaten Bulukumba 2005-2025 yang sebentar lagi akan berakhir, dirinya mempertanyakan peran pemuda dan kebijakan pemerintah guna pembangunan desa yang ada di kecamatan Bulukumpa.



"Potensi desa dan kecamatan di Bulukumpa ini sangat berlimpah, baik sumber daya alam dan sumber daya manusia nya terlebih para pemuda, semoga dari hasil diskusi kita malam ini seluruh stakeholder mengetahui peran masing masing untuk berpartisipasi aktif melakukan pembangunan di kabupaten Bulukumba, membangun peradaban dari Desa," tutur Rivandi.

Salah satu perwakilan pemerintah, Pak Gito Sukamdani yang merupakan Kepala Desa Salassae menyampaikan bahwa pada dasarnya Undang Undang yang mengatur Pedoman Umum Pembangunan dan Pengembangan Desa itu selalu mengacu pada kegiatan kepemudaan.



"Pemerintah selalu memberi kesempatan dan ruang bagi para pemuda untuk terlibat aktif dalam pembangunan desa dan kecamatan, mulai dari RPJM (Rapat Pembangunan Jangka Menengah) Desa hinga RKP (Rencana Kerja Pemerintah) Desa," tegasnya.

"Kami sendiri mengharapkan keterlibatan unsur Masyarakat, termasuk didalamnya seluruh Organisasi Kepemudaan, perempuan dan pelajar untuk bersama menyusun rencana strategis guna pembinaan kemasyarakatan, pengelolaan BUMDes yang nantinya para stakeholder bergerak sebagai pelaksana, pengawas, pegawai, dan lainnya! Satu yang saya tekankan kepada para pemuda terutama yang hadir pada malam hari ini, Pemuda harus selalu berjiwa kreatif dan inovatif," pungkasnya.


Ditengah sesi dialog tersebut, muncul sebuah pertanyaan urgensi bagi seluruh pihak, baik pemerintah maupun para pemuda yang hadir. Kendalanya adalah, apakah pemuda mengetahui bagaimana cara berkontribusi?

Salah satu pemuda mengangkat tangan dan menyampaikan aspirasinya bahwa selama ini pemuda terlibat dalam seluruh upaya pengembangan desa dan kecamatan, mulai dari rapat paling rendah yakni Musyawarah Dusun hingga pada Musrembang di Kecamatan.


"Namun masalahnya adalah kami para pemuda mengikuti seluruh rapat tersebut tetapi Pemerintah seolah seperti 'Keran yang Tertutup' dimana saat penyusunan Rancangan Pembangunan Jangka Menengah para pemuda tidak diberi ruang untuk menyampaikan aspirasi dan mengambil peran aktif di dalamnya, didiamkan, terlebih saat membahas Suplai Ketahanan Pangan," kritiknya.

Secara eksplisit, pemuda tersebut juga menyampaikan bahwa saat ini ada kelompok kelompok Birokrat yang mencoba untuk mencederai Organisasi Pemuda yang ada, bahkan merangsek dari tingkat atas hingga terbawah dengan membentuk kelompok kelompok kepemudaannya sendiri sehingga kolaborasi antar pemuda tidak nampak harmonis sejauh ini.


"Hingga saat ini mengapa kita kalah dengan orang luar, karena kita takut dengan kolaborasi! Ekosistem kolaborasi perlu ditanamkan dengan kuat, sehingga pemuda dapat bersatu dan mencapai tujuan bersama," pungkasnya.

Laode Satyawarman selaku Koordinator Steering Commite MUSDA XV KNPI yang sebentar lagi akan dilaksanakan menyatakan bahwa Kolaborasi telah ada sejak lama di KNPI dan hal itu menjadi warna yang khas di dalam kepengurusan KNPI itu sendiri.


"Bayangkan jika ada 41 OKP, maka itu artinya ada 41 kepala dengan ideologi berbeda beda dengan warnanya masing masing dibawah naungan KNPI. Inilah kolaborasi yang kami maksud, perbedaan bukanlah masalah guna menyatukan tujuan antara Pemerintah dan Pemuda. Oleh karena itu, mari kita bersama melanjutkan diskusi kita malam hari ini berfokus pada upaya upaya kita para pemuda membangun sinergitas dengan pemerintah guna pembangunan desa kelurahan dan kecamatan di Bulukumpa ini," ungkapnya.

Kegiatan dialog pada malam sabtu (17/02/23) tersebut sangat memukau dan menakjubkan, dimana nilai nilai demokrasi dan keterbukaan informasi ditampakkan secara eksplisit.

Terlebih saat panitia memberikan ruang bagi para pemuda yang hadir menyampaikan aspirasinya satu per satu, seluruh rekomendasi dan kritik terhadap pemerintah juga ditanggapi pihak pemerintah dengan bijak dan terbuka.

Suryandi Asbir selaku ketua DPK KNPI Bulukumpa yang terpilih menyampaikan kepada seluruh peserta yang hadir akan kesiapan dirinya memgemban amanah dalam memimpin 38 pengurus KNPI Bulukumpa terpilih, guna menyukseskan RAPIMDA & MUSDA XV PEMUDA KNPI BULUKUMBA 2023 yang akan digelar pada tanggal 27-28 februari 2023 dan menyukseskan pengusunan program kerja DPK KNPI Bulukumpa dalam waktu dekat.


Iklan

×
Berita Terbaru Update