-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Ketua Dekranasda Bulukumba Herfida Attas Lantik Jajaran Pengurusnya

Sabtu, 17 September 2022 | 22.04 WIB | 0 Views Last Updated 2022-09-17T15:04:04Z

 


Simpulindonesia.com_Bulukumba,- Puluhan pengurus Dewan Kerajinan Nasional Daerah (Dekranasda) Kabupaten Bulukumba masa bakti 2021-2026 dilantik di Pedestarian Titik Nol Bira, Sabtu (17/09/2022).


Pelantikan berlangsung meriah karena dirangkaikan dengan lomba kuliner di 10 Kecamatan serta gerakan makan ikan.


Ketua Dekranasda Bulukumba Andi Herfida Attas yang melantik jajaran pengurusnya, menginginkan agar Dekranasda tak hanya menjadi ajang kumpul-kumpul saja, tapi harus bersama-sama ambil peran dalam membantu Pemerintah Daerah.


Andi Herfida yang juga memiliki Kepala Kebudayaan Makassar ini mengemukakan, sebagai organisasi yang tak dibiayai oleh APBD, maka pengurus Dekranasda harus ikhlas jiwa dan raga demi kemajuan daerah tercinta.


Ia melaporkan bahwa Dekranasda telah turun lapangan mengupdate data pelaku-pelaku UMKM di bidang kerajinan tangan.


"Kami ambil datanya di Dinas Perdagangan, Perindustrian, Koperasi dan UKM. Kemudian kami cek di lapangan. Bukan berarti kami tidak yakin, tapi kami berupaya untuk mengupdate data," tuturnya.


"Sehingga 6 bidang sudah mengupdate data-data tersebut. Alhamdulillah setelah kita turun di lapangan banyak pengrajin yang didapat," kata Herfida menambahkan.


Sementara itu, Bupati Bulukumba Andi Muchtar Ali Yusuf memuji komitmen Dekranasda untuk berperan aktif membantu Pemerintah Daerah. Ia berharap Dekranasda dapat meningkatkan produksi maupun pemasaran kerajinan tangan Bulukumba.


Dekranasda, kata Andi Utta sapaan akrab Bupati, harus berfungsi sebagai fasilitator dan motivator agar potensi UMKM khususnya di sektor kerajinan daerah semakin berkembang, seiring dengan pengembangan sektor pariwisata.


"Olehnya itu, Dekranasda memiliki peran mendorong inisiasi pelaku usaha dan ekonomi kreatif di bidang kerajinan, yang diharapkan mampu mendayagunakan segenap potensi lokal yang ada menjadi produk yang bernilai ekonomi," ungkapnya.


Dekranasda Bulukumba harus mengambil peran dalam membantu mewujudkan Misi Pemerintah Daerah, khususnya Misi ke-9 yaitu Pembangunan dan Peningkatan Perdagangan dan Perindustrian untuk Mewujudkan Ekonomi Mandiri berbasis Investasi dan Bantuan Pemerintah


Setelah pelantikan Dekranasda, Bupati dan pengunjung kompak berbaur bersama menikmati ikan bakar di sekitaran lokasi lomba kuliner. Makan ikan bersama itu disebut Gemari (gemar makan ikan) bersama secara gratis, yang merupakan binaan Dinas Perikanan Bulukumba.


Sebelum menikmati makanan di atas meja saat gala dinner, Andi Utta terlebih dahulu memilih duduk di tanah bersama pengunjung lainnya untuk makan ikan bakar bersama. Benar-benar menjadi pesta rakyat Bulukumba.


Berikut beberapa pengurus Dekranasda Bulukumba masa bakti 2021-2026:

Ketua: Ir.Hj.Andi Herfida Attas 
Waket: Intang Ali Saleng
Ketua Harian: Kadis Perdagangan, Perindustrian, Koperasi & UKM
Wakil Ketua Harian: A Irma Darmayanti, ST, MM
Wakil Ketua Harian 1: Ir.Andi Herlina Halmin
Wakil Ketua Harian 2: A.Rantina Amin, SAP
Wakil Ketua Harian 3: Irmayanti Asnawi, S.Pd, M.Pd

Sekretaris: Hj.A.Hamrina A.Muri, S.Pd, M.Si

Sekretaris 1: Ir.A.Putri Syahruni A.Rumpang, M.Sc
Sekretaris 2: Handariah, S.Sos

Bendahara: Hj.Agusnawati Amry

Staf Ahli:
1. Ir.Hj.A.Misbawati A.Wawo
2. Dra.A.Mulyati Nur
3. Dra.Hj.A.Pamenery Yarman


Kemudian bidang-bidang, diantaranya bidang Daya Saing Produk, bidang Manajemen Usaha, bidang Pameran dan Kemitraan, bidang Promosi Humas dan Publikasi, bidang Wirausaha Baru, serta bidang Pendanaan.(*)

Iklan

×
Berita Terbaru Update