-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Dari Tekanan Hingga Gula Darah, Peran Penting Posko Kesehatan di Muktamar V Lidmi

Minggu, 28 April 2024 | 15.28 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-28T08:28:14Z

 


MAKASSAR - Sohib dr. Muhammad Awaluddin, Kepanitiaan Muktamar V Lidmi, telah diberi amanah sebagai Steering Committee Divisi Kesehatan.


Selain itu, sohib dokter Awal juga menjabat sebagai Kepala Bidang Sosial Kesehatan dan Lingkungan di PP Lidmi.


Meski memiliki kesibukan sehari-hari di salah satu UPT Puskesmas Takalar, Klinik Galesong Takalar, dan Klinik Transit Maros, Awaluddin tetap berkontribusi secara aktif dalam peran-peran kesehatan di event-event Lidmi.



Selama Muktamar, posko kesehatan juga dibentuk. Di sini, berbagai layanan kesehatan disediakan untuk peserta dan panitia.


"Layanan ini mencakup pemeriksaan tekanan darah, pengukuran suhu tubuh, dan pemeriksaan darah sederhana seperti pemeriksaan gula darah," ungkap dokter Awal.


Tim kesehatan juga membuka konsultasi kesehatan untuk membantu peserta dan panitia dalam menangani berbagai keluhan kesehatan yang mereka alami.



Selama tiga hari kegiatan, tim kesehatan telah menangani berbagai macam keluhan dari peserta dan panitia.


Beberapa dari mereka mengeluhkan demam, masalah perut, dan sakit kepala. Bahkan, beberapa peserta ditemukan memiliki tekanan darah yang tinggi.


"Untuk itu, tim kesehatan menyediakan obat-obatan dan konsultasi kesehatan untuk membantu peserta dan panitia dalam menjaga kesehatan mereka," pungkasnya.


Selama satu periode, tim kesehatan Lidmi telah menjalankan berbagai program dalam bidang sosial kesehatan dan lingkungan.


Program-program tersebut meliputi Lidmi Peduli dan Lidmi Berbagi. Lidmi Peduli adalah program yang berfokus pada penanggulangan bencana dan kasus sosial.



Sementara itu, Lidmi Berbagi adalah program yang bertujuan untuk melakukan berbagai kegiatan sosial dan edukasi kesehatan secara berkala.


Dalam menjalankan program-program tersebut, tim kesehatan Lidmi telah melakukan berbagai kegiatan, termasuk bakti sosial, pembuatan video edukasi, webinar tentang kurban, dan tebar iftar pada saat Ramadhan.


Mereka juga memberikan ucapan duka bagi saudara kita yang di Kendari, melakukan pemantauan pada saat terjadi kebakaran di jalan Veteran Makassar, dan memberikan bantuan pada saat terjadi gempa di Cianjur.


Pada 25 Desember 2022, Lidmi juga mengadakan kegiatan kesehatan di Paropo, Makassar.



Kegiatan ini melibatkan edukasi masyarakat tentang penyakit dan pola hidup sehat, dilanjutkan dengan pelayanan pemeriksaan kesehatan dan konsultasi di posko kesehatan yang mereka buka.


"Kami berharap bahwa kegiatan-kegiatan ini dapat membantu Lidmi untuk semakin berjaya dan maju dalam membangun Indonesia yang beradab," kata Awluddin.


"Harapan kami adalah untuk menjadi bagian yang dapat membantu melancarkan kegiatan ini dan berharap ini adalah sebuah kebaikan yang Allah catat dan Allah ridho."


Perlu diketahui, posko kesehatan bukan kali pertama diadakan, setidaknya tercatat Posko Kesehatan dihadirkan di 3 Muktamar sebelumnya.



----------

Laporan : Ahmad Robbani BTKR.

Dokumentasi : Ahmad Robbani BTKR.

Iklan

×
Berita Terbaru Update