-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

PJ Gubernur Sulawesi Tenggara Hadiri Raker Capaian Kerja 2023 dan Deklarasi Resolusi 2024

Sabtu, 23 Desember 2023 | 07.08 WIB | 0 Views Last Updated 2023-12-23T00:08:05Z

Gambar : PJ Gubernu Sulawesi Tenggara Komjen Pol. (P) Dr. (H.C) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H. (Foto/Ist).


SimpulIndonesia.com__SULTRA,— Pj. Gubernur Sulawesi Tenggara (Sultra), Komjen Pol. (P) Dr. (H.C) Andap Budhi Revianto, S.I.K., M.H, secara resmi membuka Rapat Kerja (Raker) dalam rangka mengukur capaian kinerja refleksi tahun 2023 serta deklarasi resolusi tahun 2024 di Sahid Azizah Syahriah Hotel Kendari, Jumat (22/12/2023).


Hadir dalam Raker tersebut, Sekda Sultra, Asisten Setda Sultra, Para Staf Ahli Gubernur Sultra, Para Kepala OPD Lingkup Pemprov. Sultra, Sekdis, Kabid dan Perencanaan Lingkup Provinsi Sultra, serta hadir secara virtual zoom meeting dari Kabupaten dan Kota se-Sultra.


Laporan Ketua Panitia oleh Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Sultra, J. Robert Maturbongs, bahwa dalam penyelenggaraan acara ini secara substansi merupakan tahapan proses, perencanaan sehingga salah satu tahapnya tersebut dibutuhkan evaluasi dalam meningkatkan kinerja kita, pada waktu yang akan datang.


Lanjut, penyelenggaraan pada kegiatan hari ini  ada beberapa aturan perundang-undangan ini yaitu pertama, UUD nomor 25 tahun 2004 tentang sistem perencanaan pembangunan nasional, kedua UUD nomor 23 tahun 2014 tentang pemerintah daerah beserta perubahannya, ketiga peraturan pemerintah nomor 13 tahun 2019 tentang laporan dan penyelenggaraan pemerintahan daerah, keempat peraturan Menteri Dalam Negeri nomor 86 tahun 2017 tentang tata cara perencanaan, pengendalian dan evaluasi lingkungan daerah serta tata cara evaluasi perencanaan daerah tentang RPJMD, tata cara perubahan RPJMD dan rencana kerja pemerintah daerah.



(Foto/Ist).


Tujuan dalam kegiatan ini adalah melakukan evaluasi terhadap seluruh aspek pembangunan daerah yang menjadi tugas dan kewajiban pemerintah daerah sebagai upaya memperbaiki kinerja dan pelayanan kepada masyarakat pada waktu yang akan datang.


Sehingga hasil dalam penyelenggaraan ini, dalam membangun komitmen bersama dilingkup Organisasi Perangkat Daerah (OPD) di Prov. Sultra untuk meningkatkan pelayanan dalam pemenuhan hak konstitusional masyarakat melalui perbaikan dan peningkatan kinerja birokrasi dengan cara melaksanakan agenda reformasi birokrasi secara utuh. Kata Kepala Bappeda Sultra.


Sambutan Pj. Gubernur Sultra menyampaikan hari ini merupakan peringatan hari Ibu se-Indonesia khusus perempuan hebat di Sulawesi Tenggara, seraya merayakan dengan seruan "Perempuan Kuat, Indonesia Berdaulat dan Sejahtera".


Sebelum saya datang disini, Pj. Gubernur Sultra memberikan upacara Selama Hari Ibu karna dibalik kesuksesan, kehebatan seorang ada  wanita, jangan lupa kita sampaikan selamat hari ibu 


Dalam merefleksikan kembali capaian kita, merupakan sesuatu yang baru saya sampaikan kepada Sekda, sehingga kita meletakan legesif dan bisa kita kerjakan sekarang dan kedepannya kalau bahasanya "What Should We do in the Future" artinya apa yang harus kita lakukan di masa depan


Tentunya apa yang kita kerjakan yaitu refleksi tahun itu kata kuncinya yaitu komitmen moral dan pencapaian kita kedepannya 


Lebih lanjut disampaikan, arahan  Mendagri terhadap tindak lanjut arahan Presiden Tahun 2023 yakni Pertama jaga stabilitas harga pangan dan jasa secara nasional, Kedua pengentasan kemiskinan dan kemiskinan ekstrem,  Ketiga penanganan stunting agar tepat sasaran.


Ada  tiga aspek kinerja yang ditentukan  Kemendagri yakni aspek pemerintahan, aspek pembangunan dan aspek kemasyarakatan serta masing-masing ada 6 dan 4 indikator.


Adapun untuk aspek pembangunan ada 6 indikantor salah satunya adalah tepat waktu menyusun dan mengajukan Ranperda, APBD perubahan, dan Ranperda pertanggung jawaban APBD ke DPRD dan menerapkan pemeritahan bersih dan  baik.  


Kemudian Andap Budhi Revianto, menyampaikan bahwa untuk meningkatkan kualitas SDM ada 3 (tiga) kunci yaitu Komitmen, Effort, dan Achievement. Kunci tersebut diterapkan dalam melaksanakan 8 komponen penting yaitu SDM (Indeks profesionalitas ASN dan Indeks sistem merit), Organisasi (Indeks Kelembagaan), Tata Laksana (Indeks SPBE, Arsip, PBJ, Kelola Keuangan/Aset), Pelayanan Publik (Kepatuhan pelayanan publik, indeks inovasi dan pelayanan publik), penguatan pengawasan (maturitas SPIP, Kapabilitas APIP,Indeks Risiko), Akuntabilitas Kinerja (Indeks RB), Deregulasi Kebijakan (Indeks Reformasi Hukum, Kualitas Kebijakan), Manajemen Perubahan ( Indeks Kepemimpinan Perubahan)


Serta Pj. Gubernur kunjungan stand pameran UMKM yang menjual berbagai produk olahan pangan dari Sultra yaitu mete, kripik, coklat, Kopi, kain tenun, dan kampurui 


Dilanjutkan dengan pembagian kelompok yang masing-masing terdiri dari Kepala OPD Lingkup Pemprov. Sultra dan Perencanaan dalam penyusunan draf target kinerja OPD tahun 2024 


Kemudian dijam kedua, dilanjutkan dengan paparan materi dari Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Pembendaharaan, Kementerian Keuangan RI yaitu pertama Fauzi Kurniawan selaku Kepala Seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran 1 (PPA 1) terkait evaluasi anggaran di Prov. Sultra dan kedua Aditya selaku kepala seksi Pembinaan Pelaksanaan Anggaran 2


Selanjutnya, arahan refleksi akhir tahun 2023 sehingga perlu meningkatkan kinerja di tahun 2024, Pj. Gubernur Sultra sekaligus menutup kegiatan tersebut yaitu ada 10 indikator prioritas perangkat daerah, sesuai dengan surat Mendagri RI yaitu, pertama kesehatan, kedua stunting, ketiga layanan publik, keempat kemiskinan ekstrem, kelima inflasi, keenam BUMD, ketujuh penyerapan anggaran, kedelapan perizinan, sembilan kegiatan unggulan dan kesepuluh pengangguran.


Selesai memberikan arahan Pj. Gubernur Sultra memberikan penghargaan dengan kategori serapan anggaran APBD 2023 yaitu terbaik pertama Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Prov. Sultra, kedua Satuan Polisi Pamong Praja Prov. Sultra dan ketiga Dinas Pemuda dan Olahraga Prov. Sultra. 


“Kemudian penghargaan dalam kategori pencapaian sistem akuntabilitas kinerja instansi Pemerintah Perangkat Daerah 2023 yaitu terbaik pertama DPMPTSP Prov. Sultra, kedua Dinas Lingkungan Hidup Prov. Sultra, da ketiga Dinas Pendidikan dan kebudayaan Prov. Sultra diserahkan langsung Pj. Gubernur Sultra didampingi Sekda Sultra dan pejabat terkait,”Tutupnya.(Nur).

Iklan

×
Berita Terbaru Update