-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Bazar & Dialog PMII Terlaksana! Hadir Dalam Forum HMI Dan IMM Mempertanyakan MBKM Solusi Bagi Pendidikan?

Kamis, 25 Mei 2023 | 07.23 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-25T00:23:36Z


 

BULUKUMBA - PMII Rayon Adab dan Humaniora Cabang Gowa gelar Bazar dan dialog Dengan tema " MBKM solusi bagi pendidikan? " Yang diadakan di warkop Mau.co (Kamis, 24 mei 2023).


Pada dialog tersebut salah satu narasumber dari HMI Komisariat Adab dan Humaniora Islahuddin Ibrahim menuturkan bahwa MBKM dilihat dari segi aspek sejarah dapat disebut sebagi pelengkap/Penopang pondasi neoliberisasi pendidikan kita hari ini.


 Pendidikan diberikan ke neoliberisasi untuk dijadikan pendidikan sebagi perdagangan. MBKM Mengarahkan pendidikan ke link and Match Dengan adanya Link and Match agar bagaimana nanti suatu kurikulum pendidikan dapat didasari dengan tenaga kerja kita nanti. 


Lebih lanjut narasumber Kedua : Akmal Al-Khair Syam ( Kader IMM ) MBKM merupakan program pemerintah sebagai bekal pendidikan. Jika kita melihat kurikulum MBKM ini terdapat 20 SKS artinya selama mahasiswa keluar dari kampus dan dilempar kedunia pekerja, seorang mahasiswa akan kaget melihat dunia pekerjaan dikarenakan mahasiswa tersebut tidak mempunyai bekal ditenaga kerja dan solusi dari program ini yaitu perlunya pembebasan. 


Dan ditambahkan pula Fahim (Kader PMII Gowa) Pendidikan sebagai individu warga negara. Proses pendidikan tersebut kita mendapat point yaitu salah satunya karakteristik pendidikan.


Pemerintah membuat program seperti itu karena pendidikan telah keluar dari konsep pendidikan itu. Dari beberapa tujuan MBKM ada beberapa kritikan yang bisa kita lihat yaitu salah satunya berbicara persoalan peluang dan berbicara persoalan mafia Burkley dan persoalan neoliberisasi. 


Lanjut Ketua Rayon Adab dan Humaniora Sahabat Dimas Mengatakan bahwa adanya dialog pendidikan ini sebagai upaya untuk mengasah nalar kritis apalagi diranah pendidikan.


Alhamdulillah saya rasa sedikit tercerahkan sebab pertama kali mendapatkan dialog MBKM ini, yang dimana membahas tentang pendidikan yg saya jalani yaitu di salah satu kampus UINAM, untuk melihat bagaimana kebijakan-kebijakan pemerintah untuk solusi pendidikan yang mana masih banyak dikritisi untuk lebih baik kedepannya di kalangan pelajar tuturnya.


Laporan : Ahmad Robbani

Iklan

×
Berita Terbaru Update