-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Pusat Pendidikan al Qur'an Orang Dewasa di Pelosok Kelurahan Tanah Beru Terbentuk, Ini Sosok Pembimbingnya!

Sabtu, 22 Oktober 2022 | 15.52 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-22T08:54:34Z


SimpulIndonesia.com, Bulukumba -- Geliat pembinaan dan pelayanan terhadap ummat diperuntukkan untuk semua kalangan umur tak terkecuali pada orang dewasa. 


Contoh saja pada pembinaan tahsin (perbaikan bacaan) Al-Qur'an selama ini kerap dilaksanakan pada tingkat anak-anak dan remaja saja. Sementara untuk orang dewasa seakan tak terperhatikan oleh banyak kalangan. 


1 hafidz Qur'an 1 rumah yang saat ini banyak diluncurkan, bagi Kepala KUA Bontobahari H. Amri Syam menilai jika dimulai dari orang tuanya terlebih dahulu. 


"Semangat membumikan Al-Quran dikontrol langsung oleh para orang tua terhadap anak-anaknya, dan ini sejalan dengan konsep pendidikan anak kalau orang tua adalah madrasah pertama untuk anak-anaknya," terang H. Amri. 


Atas pandangan tersebut, KUA Bontobahari melalui penyuluh agama membentuk Pusat Pendidikan al Qur'an khusus orang dewasa di masjid Nurul Ikhlas Paorangkarangka. 


"Ini penuh perjuangan sebab lokasi yang dipilih sebagai lokasi binaan jauh di pelosok, jarak dari pusat kota Bulukumba sejauh 28 KM," kata H. Amri penuh semangat. 


"Ini pula menjadi hadiah peringatan hari santri tahun ini yang jatuh pada 22 Oktober," ucapnya. 


Diketahui program pusat pendidikan al Qur'an ini dibuka langsung oleh Lurah Tanahberu Andi Suryadi dan disaksikan oleh sejumlah mahasiswa KKL UIN Alauddin Makassar pada Jumat, 21 Oktober 2022. 


Lantas siapa sosok yang akan mendampingi pusat pendidikan al-Qur’an? Ini profil singkatnya. 


Berikut rangkuman sosok Abd. Halim Amsur yang akan menjadi pembimbing pusat pendidikan al Qur'an berdasarkan beberapa sumber:


Ia menyelesaikan S2-nya di UIN Alauddin Makassar 2018, adapun kesehariannya sebagai penyuluh Agama, tahun 2016 di di KUA Ujung Bulu dan sekarang Penyuluh Agama KUA Bontobahari sekaligus Satuan tugas (Satgas) Zakat Bontobahari.


Kiprahnya di bidang kemasjidan merupakan Imam Masjid Darul Munawwarah Kel. Tanah Kongkong (2015 – 2016), Imam Masjid Syuhada 45 Caile (2016 – 2018), Imam Masjid Nurrasyidin Jl. Cendana (2020 – 2021). 


Pendiri Yayasan Panrita Yasmin tahun 2012. Ketua Umum Markaz Tahfidz dan Tahsin Al Jannah Panrita Yasmin kota Bulukumba, Pendiri dan Pembina TKA/TPA Daarul Qur’an Islamic Center Dato Tiro (2015 – 2017), Kepala MTs Darus Saadah Kajang (2017-2019).


Saat ini juga sebagai Pembina di Pondok Pesantren Al Mutahabbun Kel. Benjala dan Pengurus sektor Bikers Muslim Bulukumba Bontobahari.


Keuletannya berkecimpung di dunia organisasi ia merupakan aktifis di BKPRMI Kab. Sinjai & Bulukumba (2010 sd Sekarang), Ketua BKPRMI (badan komunikasi pemuda remaja masjid Indonesia) Kelurahan Caile (2021 – sekarang), Wakil sekretaris PD Ittihad Persaudaraan Imam Masjid (IPIM) Kab. Bulukumba (2021 - 2026), wakil sekretaris Majelis Dai Muda (MDM) Pusat Bulukumba dan sekretaris dewan pembina MDM Sinjai. 

Iklan

×
Berita Terbaru Update