-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

 Pemdes Dampang Lakukan Gerakan Pengendalian Hama dan penyakit pada tanaman Padi 

Kamis, 14 Juli 2022 | 17.51 WIB | 0 Views Last Updated 2022-07-14T10:51:16Z


SimpulIndonesia.com _
BULUKUMBA, -- Tanaman padi di Kecamatan Gantarang  Kabupaten Bulukumba  terserang hama penggerek batang. Agar penyakit ini tidak meluas dilakukan upaya pencegahan dan pengendalian penyakit agar tidak mengurangi produktivitas hasil panen. 



“Pemerintahan Desa Dampang bekerjasama Dinas Tanaman Pangan dan Hortikultura dan Koordinator BPP Gantarang, PPL Desa Dampang  bersama Kelompok Tani , mengadakan gerakan pengendalian hama dan penyakit pada padi, Kamis (14/7). 


Gerdal yang dilaksanakan di Desa Dampang Kecamatan Gantarang Kabupaten Bulukumba dengan pertimbangan bahwa di area persawahan ini terdapat serangan Penggerak batang pada tingkat gejala dengan kategori ringan. Selain itu juga dilakukan upaya pengendalian untuk lahan tanaman padi sebagai upaya preventif agar tanaman padi terbebas dari seragan hama. 


Kegiatan ini sebagai salah satu solusi yang dilakukan pemerintah disektor pertanian dengan serangan hama penggerek batang yg muncul seiring dengan  cuaca yang kurang bersahabat akhir akhir ini. Sebagai sampel kegiatan ini dilakukan dikelompok tani bongki bilalang. 


Kabid Tanam Pangan Dinas pertanian Kabupaten Bulukumba, Muh. Jasman Emba, SP, berharap semoga kegiatan ini mampu membantu petani dalam hal pengendalian hama penggerek batang yang sangat meresahkan petani, Karena hama itu tidak akan musnah, tapi paling tidak bisa mengurangi volume hama agar hasil produksi pertanian kita bisa tetap maksimal,” Harapnya. 


Sementara, Ketua Kelompok Tani Bongki bilalang, mengapresiasi telah dibantu fasilitas gerakan pengendalian oleh dinas dan berharap tanaman padi miliknya serta kelompok tani lainnya tetap terbebas dari serangan penyakit penggerak batang dan bisa panen. 


Terpisah Kepala Desa Dampang, Muhardi Totti  menyambut baik kerjasama dengan Dinas Pertanian Tanam Pangan dalam memfasilitasi gerakan pengendalian hama dan penyakit pada padi sehingga nantinya petani bisa panen. Pihaknya juga telah berkoordinasi dengan petugas lapangan (PPL) terkait Pengendali Organisme Pengganggu Tumbuhan  dan agar terus melakukan pemantauan untuk mengawal pertanaman padi hingga panen dan melakukan Gerdal apabila dibutuhkan. 


“Kita harapkan panen kali ini akan lebih baik,” pungkasnya.(*)

Iklan

×
Berita Terbaru Update