-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Dorong Inovasi ASN, Pemkab Bulukumba Kerjasama LAN RI

Rabu, 02 Maret 2022 | 16.14 WIB | 0 Views Last Updated 2022-03-02T09:14:40Z


Simpul Indonesia.com_ Bulukumba,- Pemerintah Kabupaten Bulukumba menjajaki kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN-RI).


Kerjasama ini dituangkan dalam  Nota Kesepakatan Bersama antara LAN RI dengan Pemerintah Kabupaten Bulukumba terkait Penguatan Kapasitas Aparatur Pemerintah Kabupate redn Bulukumba, yang dilaksanakan secara virtual, Rabu 2 Maret 2022.


Kepala LAN RI, Adi Suryanto  menjelaskan inovasi merupakan salah satu upaya mendorong proses pembangunan di daerah, melalui inovasi sektor publik, sehingga setiap pemerintah dapat meningkatkan kualitas serta mempermudah pelayanan terhadap masyarakat secara cepat dan efisien.


Menurutnya, dulu inovasi di kalangan birokrasi merupakan hal yang asing, namun seiring dengan waktu, pemerintah terus mendorong inovasi-inovasi sektor publik.


"Kini setiap daerah berlomba-lomba untuk melakukan inovasi di daerahnya melalui kekhasan dan kearifan lokal.” ungkapnya.


Keberhasilan sebuah inovasi, lanjutnya tidak terlepas dukungan dan komitmen pimpinan untuk mengembangkan inovasi di daerahnya, dan berbagai regulasi dikeluarkan guna menciptakan inovasi-inovasi sektor publik yang dapat memberikan pelayanan prima terhadap masyarakat.


Tak hanya komitmen pimpinan, kultur birokrasi yang terbuka, lanjutnya, juga mempengaruhi keberhasilan inovasi sektor publik, 


“Dukungan dan kolaborasi seluruh elemen baik pemerintah daerah dan pemerintah pusat untuk melakukan perubahan ini membuat sebuah gerakan inovasi secara masif dan terstruktur," imbuhnya.


Kerjasama antara LAN dengan delapan Pemerintah Daerah, termasuk Pemerintah Kabupaten Bulukumba meliputi pengembangan dan penguatan di bidang Kajian Kebijakan dan Inovasi Administrasi Negara, Kajian dan Inovasi Manajemen aparatur sipil Negara, Pelatihan dan Pengembangan Kompetensi Aparatur Sipil Negara, serta Pendidikan Tinggi Terapan.


Sementara itu, Sekretaris Daerah Muh Ali Saleng mewakili pemerintah daerah menyampaikan terima kasih kepada LAN RI atas kerjasama tersebut.


Ali Saleng menyampaikan apresiasi dan penghargaan yang setinggi-tingginya serta menyambut baik rencana kerjasama di berbagai bidang ini, mengingat Kabupaten Bulukumba memiliki banyak potensi yang akan dikembangkan.


"Tentu kerjasama ini akan mendorong lahirnya inovasi dari aparatur pemerintah, utamanya dalam menunjang berbagai rencana program kegiatan pembangunan, baik dalam skala jangka menengah maupun rencana jangka panjang," bebernya.


Pemerintah Kabupaten Bulukumba memiliki Visi “Mewujudkan Masyarakat Produktif, Yang Berkarakter Kearifan Lokal Menuju Bulukumba Maju dan Sejahtera”


Dalam Visi ini terdapat dua misi yang relevan dengan Nota Kesepahaman ini, yaitu Meningkatkan Tata Kelola Pemerintahan dan Layanan Publik, serta Meningkatkan Kualitas Sumber Daya Manusia melalui Pendidikan dan kebudayaan yang Berkarakter Kearifan Lokal.


Selain itu rencana kerjasama pengembangan dan penguatan kapasitas SDM aparatur ini, lanjutnya, akan sangat membantu pemerintah daerah dalam meningkatkan produktifitas di berbagai sektor, seiring dengan meningkatnya tata kelola pemerintahan dan pelayanan publik yang lebih baik ke depan.

Iklan

×
Berita Terbaru Update