-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Sharing Session IT Dibuka! Kadis Kominfo : Mengapa Pinisi Dev?

Minggu, 10 Maret 2024 | 13.56 WIB | 0 Views Last Updated 2024-03-10T07:01:50Z


BULUKUMBA - Sebanyak 42 peserta memenuhi salah satu ruang kantor Kominfo Bulukumba untuk mengikuti pembukaan Sharing Session Pinisi Dev. pada hari Ahad, 10 Maret 2024.


Peserta merupakan para pelajar dan mahasiswa yang terdaftar di sekolah dan kampus yang ada di Bulukumba, diantaranya :


- SMAN 1 Bulukumba

- SMKN 1 Bulukumba

- SMAN 10 Bulukumba

- MAN 2 Bulukumba

- Universitas Muhammadiyah Bulukumba

- Institut Teknologi Bina Adinata Bulukumba.



Sharing Session dengan tema Inovasi Melalui Kolaborasi Berbagi Pengetahuan Membentuk Masa Depan merupakan kerjasama antara Pinisi Dev dan Kominfo Bulukumba.


Hadir dalam kegiatan ini Kepala Dinas Kominfo Bulukumba, Drs. H. Muh. Daud Kahal,M.Si. membuka kegiatan secara resmi.


"Kegiatan ini merupakan langkah positif dalam upaya mendorong generasi muda untuk masuk dalam dunia digital, membangun citra positif dan mendorong pertumbuhan teknologi di kabupaten Bulukumba," ungkapnya.



H. Daud Kahal juga menyampaikan 4 pilar yang ditangani langsung oleh Dinas Kominfo Bulukumba, yaitu :


- Penyebar Luasan Informasi

- Pengembangan Informatika

- Data dan Statistik

- Persandian dan Keamanan Informasi.


Di sela sela sambutannya, Kadis Kominfo mengenang bagaimana kedekatan beliau secara profesional dengan Pinisi Dev., sejak H. Daud Kahal masih menjabat sebagai Dinas Pariwisata Bulukumba.


"Mengapa Pinisi Dev? Sejak saya masih menjabat Dinas Pariwisata, Pinisi Dev. telah membangun relasi dan kerjasama yang baik dengan kami.


Saat itu kami mengembangkan aplikasi di bidang Pariwisata dan aplikasi tersebut telah kami masukkan dalam APBD 2023," kenang Kadis Kominfo.



Pinisi Dev sendiri merupakan komunitas IT yang menghimpun pemuda pemudi daerah untuk belajar bersama. Hacker Lead di Pinisi Dev merupakan peserta didik SMAN 10 Bulukumba yang sejak kelas X menjadi kontributor di Web Programming UNPAS.


Sebelumnya, Pinisi Dev bersama Green Ladder menyukseskan Workshop IT dengan tema Bekal Menghadapi Era Teknologi dengan 3 pemateri utama di Bulukumba (12/02/23).



Pinisi Dev juga merupakan komunitas IT yang tergabung dalam Forum Smart City Kabupaten Bulukumba. Kadis Kominfo berharap, kegiatan sharing session menjadi wadah untuk menumbuhkan minat IT pemuda yang ada di Daerah.

Novia Wulandari Tandirerung, Project Manager di Pinisi Dev. menyampaikan bahwa kegiatan ini untuk melahirkan Generasi Muda Bulukumba yang melek dengan teknologi.


"Kami hadir untuk memfasilitasi anak anak muda di Bulukumba agar melek teknologi hingga mereka mampu menggunakan teknologi dengan sebaik baiknya," ungkapnya.



Novia Wulandari juga menjelaskan bahwa ada 6 pemateri hebat yang akan berbagi dengan para peserta selama 12 pekan kedepan. Adapun materi yang akan dibawakan, diantaranya :


- Perkenalan Teknologi Informasi dan Rule yang ada di dalamnya

- Pengenalan Pemrograman Komputer

- Pengenalan Bahasa dan Konsep Dasar Algoritma

- Dasar Pemrograman

- UI/UX Design

- Pemrograman Web

- Live Coding

- Mobile Development

- Pengantar Data dan Basis Data

- Bermain dengan Internet of Thinks (IoT)

- Bedah Film.



Di akhir sesi pembukaan, moderator menyampaikan akan ada sertifikasi dan kejutan untuk peserta yang akan diumumkan di akhir sharing session nanti.


Kegiatan selama 12 pekan ini merupakan bentuk inovasi dan kolaborasi Pinisi Dev bersama Kominfo yang didukung penuh pemerintah kabupaten Bulukumba memajukan literasi IT di daerah.



Laporan : Ahmad Robbani BTKR.

Editorial : Ahmad Robbani BTKR.

Dokumentasi : Ahmad Robbani BTKR.

Iklan

×
Berita Terbaru Update