-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Serentak Dilantik, Pengawas TPS Ujung Tombak Pengawasan Pemilu 2024

Senin, 22 Januari 2024 | 12.10 WIB | 0 Views Last Updated 2024-01-22T05:10:59Z


SimpulIndonesia.com
_Bulukumba, sebanyak 1241 Pengawas TPS dilantik serentak hari ini, Senin. 22 Januari 2024. Pelantikan berlangsung di wilayah kecamatan masing-masing.



Ketua Bawaslu Bulukumba, Bakri Abubakar menjelaskan kehadiran pengawas TPS tidak hanya sebagai amanah undang-undang Pemilu yakni UU Nomor 7 Tahun 2017 dan Perbawaslu serta peraturan lainnya, namun ini adalah bentuk pengabdian kepada Bangsa dan Negara yang harus kita tunaikan dan jalankan dengan baik dalam mendorong penyelenggaraan Pemilu yang berkualitas, jujur, adil dan demokratis khususnya di Kabupaten Bulukumba. Karena pengawas TPS adalah untuk tombak pengawasan ditingkat bawah yang akan bertugas memastikan pemilu berlangsung secara berintegritas.



"Pemilihan Umum adalah sarana pelaksanaan kedaulatan rakyat untuk memilih wakil-wakilnya yang akan duduk di pemerintahan yang dilaksanakan secara luber dan jurdil dalam negara kesatuan republik Indonesia. Komitmen untuk melaksanakan terselenggaranya pemilu demokratis harus menjadi tujuan utama bagi penyelenggara pemilu, baik KPU maupun Bawaslu dan jajarannya hingga tingkat TPS," urainya.


Bakri menambahkan salah satu bagian penting dan krusial keberadaan pengawas pemilu adalah Pengawas Tempat Pemungutan Suara (PTPS). Satuan yang berhadapan langsung dengan proses dinamis pemungutan dan penghitungan suara. Tahapan pemungutan dan penghitungan suara merupakan tahapan puncak dari serangkaian tahapan pemilu yang sudah berjalan sebelumnya. Pengawas TPS punya peran penting memastikan proses pemungutan dan penghitungan suara berjalan sesuai dengan ketentuan peraturan perundang-undangan yang berlaku.


Keberadaan PTPS menjadi instrumen penting dan ujung tombak pengawasan yang akan ikut menentukan kualitas proses pemungutan dan penghitungan suara. Tentu kita berharap PTPS yang aktif dan progresif, mengerti dan memahami tugas dan wewenangnya sehingga memaksimalkan perannya dengan baik. Pengetahuan dan keterampilan PTPS menjadi faktor utama dalam mewujudkan integritas proses dan hasil pemungutan dan penghitungan suara, tegas Bakri.


Kami ucapkan selamat atas Pelantikan PTPS dan selamat bergabung menjadi bagian dari pengawas pemilu di Bulukumba, tutupnya.

Iklan

×
Berita Terbaru Update