-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

BREAKING NEWS! Senin Lusa, Pj Gubernur Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu Di Ganti

Sabtu, 11 November 2023 | 18.41 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-11T11:43:43Z
SIMPULINDONESIA.com_ PANGKALPINANG - Kabar mengejutkan datang dari Kementerian Dalam Negeri, dimana pada Senin, 13 November 2023 lusa, Kementerian Dalam Negeri akan melakukan pergantian Penjabat Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Kementerian Dalam Negeri akan melakukan pergantian Pj Provinsi Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu, AP., M.Si dengan Dirjen Bina Administrasi Kewilayahan Kemendagri, Dr. Drs. Safrizal Zakaria Ali, M.Si

Hal tersebut diperkuat dengan telah beredarnya surat undangan yang ditujukan kepada Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suganda Pandapotan Pasaribu, para Bupati dan Walikota, Forkopimda dan para Asisten Daerah untuk menghadiri upacara pelantikan Penjabat (Pj) Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Sebagaimana surat undangan yang ditandatangani oleh Sekretaris Jenderal Kemendagri, Dr. H. Suhajar Diantoro, M.Si., ditembuskan kepada Menteri Dalam Negeri (Mendagri) dan Wakil Menteri Dalam Negeri (Wamendagri) ini tertanggal 10 November 2023 Nomor : 100.2.1.3/6074/SJ. Hal Undangan : Pelantikan Pj Gubernur Kepulauan Bangka Belitung, akan dilaksanakan pada Senin 13 November 2023, Pukul 13.00 Wib bertempat di Sasana Bhakti Praja (SBP) lantai 3 gedung C Kemendagri, Jalan Medan Merdeka Utara No. 7 Jakarta Pusat.

Beredar kabar pergantian Pj Gubernur Babel ini tentu cukup mengejutkan di tengah-tengah masyarakat Bangka Belitung. Karena penjabat sebelumnya Suganda Pandapotan Pasaribu baru menjabat kurang dari 8 bulan. Suganda dilantik pada 31 Maret 2023 lalu.

Sementara itu, berkaitanu dengan informasi ini, Staf Ahli Bidang Pemerintahan, Hukum, dan Politik Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Dr. Ir. ROFIKO, MTP kepada SimpulIndonesia.com, Sabtu (11/11/2023) membenarkan adanya surat soal pelantikan Pj Gubernur Babel pada hari Senin tanggal 13 November 2023 di Kantor Kemendagri Jakarta Pusat.

“Iya memang benar adanya surat pelantikan tersebut," ujar Rofiko.

Rofiko menyebutkan bahwa Pj Gubernur pak Suganda dalam beberapa hari ini, udah berpamitan dengan pejabat Pemprov Babel melalui grup WA.

"Saya secara pribadi sudah di WA oleh Suganda terkait pergantian Pj Gubernur Babel ini," tutur Rofiko.

Namun, menurut Rofiko dirinya tidak tahu pasti apa alasan Kemendagri menggantikan Suganda Pandapotan Pasaribu secepat itu. Padahal belum satu tahun menjabat Pj Gubernur Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Diakui Rofiko bahwa kinerja Suganda menjadi Pj Gubernur Bangka Belitung sangat bagus. Program-program yang telah dilaksanakan begitu baik dan banyak bermanfaatnya. Meskipun baru delapan bulan menjabat.

Disisi kain Rofiko menjelaskan meskipun nanti Suganda sudah tidak lagi menjabat Pj Gubernur Bangka Belitung, namun Suganda Pandapotan Pasaribu senditi hingga sendiri sejak 2018 hingga saat ini masih menjabat sebagai Sekretaris Jenderal (Sekjen) Ombudsman RI.

"Artinya beliau masih punya jabatan tinggi," kilah Rofiko seraya mengucapkan terimakasih kepada Pj Gubernur Bangka, Suganda Pandapotan Pasaribu.

Dalam surat nomor tertulis daftar undangan, diantaranya:

A. Gubernur
1. Sdr. Dr. Suganda Pandapotan Pasaribu, AP., M.Si (Pj. Gubernur) beserta Istri.

B. Bupati/Walikota se-Kepulauan Babel.
1. Bupati Bangka Barat.
2. Bupati Bangka Selatan.
3. Bupati Bangka Tengah.
4. Bupati Belitung.
5. Bupati Belitung Timur.
6. Pj. Bupati Bangka.
7. Walikota Pangkpinang.

C. FORKOPIMDA Kepulauan Bangka Belitung
1. Sekretaris Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung beserta Istri.
2. Ketua DPRD Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
3. Kepala Kepolisian Daerah Kepulauan Bangka Belitung. 
4. Kepala Kejaksaan Tinggi Kepulauan Bangka Belitung.
5. Komandan Korem 045/Garuda Jaya.
6. Komandan Pangkalan TNI Angkatan Laut Bangka Belitung.
7. Komandan Pangkalan TNI Angkatan Udara H.A.S Hanandjoeddin.
8. Kepala Badan Intelijen Negara Daerah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung 
9. Kepala Badan Narkotika Nasional Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.
10. Ketua Pengadilan Tinggi Bangka Belitung.
11. Ketua Pengadilan Tinggi Agama Kepulauan Bangka Belitung.

D. Asisten Daerah
1. Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat.
2. Asisten Administrasi Umum.
3. Asisten Perekonomian dan Pembangunan.
E. Keluarga Penjabat Gubernur (10 orang).

Daftar Undangan Pelantikan Penjabat Gubernur Lingkup Kemendagri:
Pejabat Eselon I Lingkup Kemendagri.

1. Wakil Menteri Dalam Negeri.
2. Inspektur Jenderal.
3. Direktur Jenderal.
4. Kepala Badan.
5. Sestama BNPP.
6. Rektor IPDN.
7. Staf Ahli Menteri.
8. Staf Khusus Menteri.

Beliau resmi dilantik Mendagri Tito Karnavian sebagai Pj Gubernur Babel pada 31 Maret 2023 lalu, berdasarkan Keputusan Presiden RI Nomor 25/P Tahun 2023 tentang Penghentian dan Pengangkatan Penjabat Gubernur Kepulauan Bangka Belitung. (Aimy).

Iklan

×
Berita Terbaru Update