-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Kemenparekraf laksanakan BISAFEST dan Penguatan Jejaring Tatakeloka Desa Wisata di Bulukumba

Jumat, 12 Mei 2023 | 15.59 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-12T08:59:51Z


SimpulIndonesia.com_Bulukumba, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif bersama Komisi X Dewan Perwakilan Rakyat RI melaksanakan dua kegiatan di Kabupaten Bulukumba 11 dan 12 Mei 2023, yakni BISAFEST atau Festival Musik Etnik dan Tari Tadisi Bulukumba yang dilaksanakan di Same Hotel Kawasan Wisata Tanjung Bira Kamis, 11 Mei 2023.


Kegiatan tersebut dibuka Anggota DPR RI Komisi X A. Muawiyah Ramly dan dihadiri pejabat dari Direktorat Even Daerah Kemenparekraf Vicky Apriasyah.


Sejumlah sanggar seni budaya ikut dalam even BISAFEST diantaranya Sanggar Seni Budaya Saorajae, Al-Farabi, MIN Bicari, dan diisi diskusi dengan narasumber Vicky Apriasyah dari Direktorat Even Daerah dan Dharsyaf Pabottingi Seniman dan Budayawan sekaligus Ketua Pengelola Teater Kampong Bulukumba, dan diikuti para pengelola obyek wisata di Kabupaten Bulukumba.


BISAFEST diharapkan dapat menjadi bagian dari atraksi wisata yang dapat lebih meningkatkan kunjungan wisatawan serta dapat menjadi upaya pelestarian nilai seni dan budaya yang berorientasi kearifan lokal.


Selanjutnya pada hari Jum'at 12 Mei 2023 dilaksanakan Forum Penguatan Jejaring Tatakeloka Desa Wisata yang diikuti unsur pengelola obyek dan desa wisata, di Hotel Agri Bulukumba.


Andi Muawiyah Ramly mengingatkan pentingnya pengelolaan destinasi, termasuk upaya melakukan penguatan bagi desa wisata sebagai salah satu strategi peningkatan kesejahteraan masyarakat.



Sementara itu pejabat dari Deputi Bidang Pengembangan Destinasi dan Infrastruktur Kemenparekraf Henri Karnoza berharap bahwa penguatan jejaring dan tatakelola desa wisata adalah bagian penting dari program kemenparekraf untuk mendorong akselerasi pembangunan sektor pariwisata.


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Kabupaten Bulukumba Daud Kahal memberi apresiasi atas dukungan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif serta Komisi X DPR RI yang telah memberikan perhatian dan dukungan bagi Kabupaten Bulukumba dalam mendorong pembangunan kepariwisataan.


Sebagai destinasi utama di Sulawesi Selatan dan Penyanggah Kawasan Strategis Pariwisata Nasional, maka Kabupaten Bulukumba memiliki kepentingan dalam menciptakan kontinyuitas pembangunan sektor pariwisata, terlebih bahwa Kabupaten Bulukumba telah ditetapkan menjadi daerah prioritas pariwisata Provinsi Sulawesi Selatan, ujar Daud Kahal sekaligus menjadi Narasumber bersama Ahmad AB,. Dosen Politeknik Pariwisata Makassar.

Iklan

×
Berita Terbaru Update