-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Berbagi Kebahagiaan Bersama ODGJ, BIJANTA Bersaing Tingkat Nasional! Ini Pesan Wakil Bupati Bulukumba

Senin, 17 April 2023 | 15.04 WIB | 0 Views Last Updated 2023-04-17T08:04:09Z



Simpulindonesia.com_BULUKUMBA - Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba melalui inovasi BIJANTA menyalurkan bingkisan kepada 10 pasien ODGJ yang dalam proses pemulihan di Kecamatan Ujung Bulu (Sabtu, 15 April 2023).


Inovasi BIJANTA sendiri merupakan gagasan baru dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba sebagai ikhtiar untuk menjawab permasalahan yang timbul dari upaya penanggulangan kasus ODGJ, fokus utamanya dalam memberikan dukungan regulasi berupa penetapan SK TPKJM (Tim Penanggulangan Kesehatan Jiwa Masyarakat).


Menurut Arhan, S.Kep. Ns., M.Kep. selaku inovator BIJANTA, inovasi ini mampu meningkatkan kualitas layanan dengan adanya alur pelayanan yang terintegrasi dan aksi yang terpadu sejak temuan kasus hingga pada pemberdayaan ODGJ yang melibatkan multisektor.



"Inovasi ini menjadi kearifan Lokal, mengambil dari bahasa daerah yakni Konjo dimana Bijanta bermakna Keluarga Kita. Penamaan inovasi dengan kata Bijanta sendiri sangat sesuai dengan penanganan pasien ODGJ sebagai bagian dari keterlibatan keluarga pasien untuk menumbuhkan kepedulian kita bersama," ungkapnya.


Dalam laporannya, sejak tahun 2021 hingga 2022 terdapat 15 ODGJ yang telah diberdayakan, diantaranya : 1 orang sebagai buruh, 1 orang sebagai cleaning service, 2 orang sebagai IRT, 5 orang menjadi staf administrasi perkantoran dan 6 orang sebagai penjual ikan.


"Pada awalnya, tercatat hanya ada 22 ODGJ yang tercatat pada tahun 2020 kemudian meningkat menjadi 60 orang ditahun selanjutnya. Di akhir tahun kemarin tercatat sekitar 84 orang yang dinyatakan sebagai ODGJ," tuturnya.



"Melihat data tersebut, sejak tahun 2021 kami melibatkan peran keluarga sebagai pengawas dalam rutinitas komsumsi obat ODGJ, tercatat mulai pada tahun 2021 sebanyak 43 orang berperan dalam lingkup keluarga, kemudian di tahun berikutnya bertambah hingga 77 orang," lanjutnya.


Temuan terakhir melalui hasil pendataan Puskesmas Caile kecamatan Ujung Bulu telah terdata 85 orang yang mengalami gangguan jiwa atau mental dan keseluruhannya telah memiliki E-KTP melalui layanan jemput bola Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Bulukumba.


Edy Manaf, selaku Wakil Bupati Bulukumba dan penanggung jawab Penanganan dan Pemberdayaan ODGJ mengajak seluruh pihak untuk terlibat dan berkolaborasi melalui inovasi integrasi kesehatan BIJANTA Dinas Kesehatan Kabupaten Bulukumba.



"Kami mengajak kepada Baznas, Relawan, Pejuang Subuh dan para pelaku usaha untuk terlibat langsung dalam proses penyembuhan dan pemberdayaan ODGJ di Bulukumba, sehingga pasien dapat kembali dan diterima kehadirannya oleh keluarga dan Masyarakat," pungkasnya.


Perlu diketahui bahwa Inovasi BIJANTA telah mendapatkan rekomendasi untuk mengikuti kompetisi Inovasi Pelayanan Publik Tingkat Nasional tahun 2023.



Laporan : Ahmad Robbani

Iklan

×
Berita Terbaru Update