-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

UPI Bandung Berkomitment untuk Bekerja Sama dengan SMKN 3 Komodo dalam Pengembangan Inovasi Pendidikan

Rabu, 07 Desember 2022 | 19.58 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-07T12:58:30Z
Foto: Kepala Sekolah SMKN 3 Komodo (Ibu Baju Putih), Dosen UPI (Ibu Baju Hitam) Dok Reporter 


Simpulindonesia.com_ LABUAN BAJO,-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) Bandung membangun kerja sama dengan Sekolah Menengah Kejuruan Negri 3 (SMKN 3) Komodo, Kabupaten Manggarai Barat (Mabar), Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) dalam mengembangkan inovasi pendidikan. Kerja sama tersebut dijalin melalui pengamalan tri dharma perguruan tinggi dari UPI Bandung terhadap SMKN 3 Komodo. Hal itu disampaikan oleh Ilma Indriasri Pratiwi, SE., MPPar. dosen UPI di sela pertemuan dengan Kepala Sekolah SMKN 3 Komodo pada Selasa, 06 Desember 2022 di Kantor SMKN 3 Komodo.


"Kami dari pendidikan tinggi, memiliki tiga tugas (red: Tri dharma Perguruan Tinggi) Pertama untuk membagi ilmu pengetahuan melalui pengajaran di kampus, Kedua mengembangkan ilmu pengetahuan melalui penelitian dan Ketiga membagikan ilmu pengetahuan kepada masyarakat atau fungsi pengabdian kepada masyarakat." Jelas Dosen Program Studi Pariwisata tersebut.


Lanjut Ia menjelaskan bahwa kehadiranya di SMKN 3 Komodo kali ini untuk melakukan penelitian dengan mengangkat judul Pengembangan Kurikulum Mikro di SMK Wisata Bahari dan Eko Wisata di SMKN 3 Komodo.


"Saya datang ke Labuan Bajo, khususnya berkaitan dengan penelitian yang judulnya adalah Pengembangan Kurikulum Mikro di SMK Wisata Bahari dan Eko Wisata dan lokusnya di SMKN 3 Komodo". Tuturnya.


Ia juga menyatakan bahwa tujuan risert ini untuk melengkapi naskah akademik berkaitan dengan penyelenggaraan pendidikan di SMKN 3 Komodo. Sebab, SMKN 3 Komodo merupakan salah satu dari tujuh SMK di Indonesia yang menyelenggarakan pendidikan pada program studi Wisata Bahari dan Eko Wisata. 


Saat yang sama, Kepala Sekolah SMKN 3 Komodo Hortensia Herima menyampaikan apresiasi serta berterima kasih kepada Universitas Pendidikan Indonesia Bandung atas kehadirannya di lembaga yang dipimpinnya. Ia berharap melalui kerja sama dengan UPI dapat memberi motivasi bagi peserta didik di SMKN 3 Komodo dalam memilih studi lanjut di bidang keguruan pariwisata.


"Saya sebagai pimpinan di SMKN 3 Komodo menyambut baik kehadiran UPI, dengan kehadiran teman-teman, setidaknya memberi  informasi dan motivasi bagi peserta didik untuk melanjutkan studinya nanti di perguruan tinggi, selain pendidikan vokasi, tetapi juga mengambil jurusan ilmu pendidikan dan keguruan konsentrasi pariwisata. Mengingat guru produktif jurusan pariwisata masih sangat langka." Ungkap Kepala Sekolah SMKN 3 Komodo tersebut.


Selanjutnya, prihal teknis dan kontrak kerja sama antar kedua lembaga ini masih dalam proses pembahasan. Namun, keduanya sudah bersepakat untuk saling melengkapi dalam mengembangkan inovasi pendidikan.

Reporter: Bofas.

Iklan

×
Berita Terbaru Update