-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Perjalanan 42 Km Menuju Bulukumba Timur, Keseruan Jum'at Ibadah Di SDN 129 Bonto Suka

Jumat, 28 Oktober 2022 | 15.31 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-28T08:31:47Z




Simpulindonesia.com_BULUKUMBA,- Lembaga Pembinaan dan Pengembangan Anak dan Remaja (LPPAR) DPD Wahdah Islamiyah Kegiatan Mengungkapkan Kegiatan Guru Pendidikan Agam Islam (KKG PAI) kali ini berlangsung di UPT SPF SDN 129 Bontosuka, Herlang. Kegiatan Literasi Al Qur'an hari ini mengangkat kembali tema "Jum'at Ibadah : Shalat, Tilawah, Nasehat dan Anak Sholeh" (Jum'at, 28 Oktober 2022).

Perlu diketahui bahwa Ibadah kali ini merupakan keempat, dimana sebelumnya telah diadakan di beberapa UPT SPF SD di Daerah.

Beberapa sekolah yang telah diselenggarakan adalah UPT SPF SDN 171 Loka, SDN 2 Terang Terang dam SDN 272 Balleanging.




Jum'at Ibadah sendiri adalah program kerja LPPAR WI Bulukumba yang memahami dengan KKG PAI guna menyambung silaturrahim dan memeriahkan kegiatan Literasi Al Qur'an di sekolah dasar yang ada di Kabupaten Bulukumba.

Ust. Wahidir Nur, S.Pd.I yang akrab disapa Abu Khilal menyampaikan kepada para peserta didik mengenai alasan kegiatan Jum'at Ibadah ini diselenggarakan.

"Program yang perlu kami sampaikan bukan program perseorang, bukan program suatu lembaga, tapi ini adalah program Pemerintah," tegasnya.

"Bahkan , Gubernur sudah mengeluarkan Surat Edaran yang harus di seluruh Sulawesi Selatan bahwa semua pembelajaran pembelajaran dimulai dengan Literasi Al Qur'an." sambung.



Secara teknis, Jum'at Ibadah dimulai dengan Sholat Dhuha' berjamaah. Sebelum memulai, para peserta didik dan tenaga pendidik menyampaikan hal hal terkait dan tatacara Sholat Dhuha'.

"Shalat Dhuha lebih baik dilaksanakan sendiri, namun untuk pembelajaran kita pada pagi hari ini shalat Dhuha dilaksanakan secara berjama'ah dan tidak boleh dirutinkan pelaksanaannya secara berjama'ah," ujarnya.

Setelah sesi sholat, masuk pasa bagian Tilawah Al Qur'an dimana para peserta diarahkan untuk membaca beberapa surah dalam Al Qur'an secara bersamaan.

Pemateri secara langsung memandu kegiatan Tilawah Al Qur'an tersebut menggunakan metode Tahsinul Qiro'ah.

Sesi berikutnya yang merupakan inti dari kegiatan Jum'at Ibadah adalah Nasehat dan Motivasi Anak Shaleh.

Kegiatan ini menjadi ciri khas dan menjadi sesi terpanjang dari seluruh kegiatan Jum'at Ibadah.

Dalam sesi ini, Abu Khalil sebagai pemateri selalu mengabdikan diri pada peserta didik terkait dengan orang tua.

Tak lupa Abu Khalil juga mengingatkan kepada para peserta didik bahwa gurulah yang menjadi penghanti orang tua tatkala mereka berada di lingkup sekolah.

"Orang tua kita dirumah adalah ayah dan ibu kita, sedangkan orangtua kita disekolah adalah ayah dan ibu guru yang membantu kedua orang tua kita di rumah," ujarnya.



Dalam kegiatan Jum'at Ibadah kali ini, kembali diadakan serah terima bantuan Dana Pendidikan oleh salah satu Masyarakat yang tidak ingin disebutkan namanya.

Ust Subhang Halik, selaku Ketua Departemen Sosial DPD Wahdah Islamiyah Bulukumba mewakili serah terima bantuan kepada peserta didik kurang mampu dan yatim piatu sebanyak 5 orang peserta didik.

Dana tersebut merupakan bentuk Perhatian Masyarakat terhadap dunia pendidikan.

Turut hadir dalam kegiatan ini Kepala UPT SDN 129 Bontosuka, H. Alimuddin Cawa, S.Ag mendampingi peserta didik.

Dalam sesi wawancara, bapak Kepala UPT bahwa ini merupakan kegiatan perdana Literasi Al Qur'an yang memahami dengan Ormas Islam.

"Selama ini kami melakukan rutinitas Literasi Al Qur'an harian, namun dengan adanya kegiatan seperti ini Masyaallah anak maupun guru guru sangat antusias," ujarnya.

Menurut ibu Hj. Raja Sitti, S.Pd.I sebagai guru PAI merasa sangat bahagia dengan adanya kehadiran LPPAR WI Bulukumba dan KKG PAI.

"Kami sangat mengharapkan anak didik kami menjadi pelajar yang sholeh sholehah, saat melihat kegiatan barusan kami merasa perlu untuk lebih memaksimalkan pitensi kami sehingga bisa merasakan kebahagiaan dari anak didik kami," ucapnya.

Sebagai penutup, Abu Khalil menjelaskan kepada para Tenaga Pendidik UPT SPF 129 Bontosuka bahwa inti dari kegiatan Jum'at Ibadah adalah memperkuat peserta didik akan pentingnya mempelajari dan memahami Al Qur'an.


Reporter : Ahmad Robbani

Iklan

×
Berita Terbaru Update