-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Adakan Kunjungan Ke Ponpes Abu Bakar, Kasat Binmas : Seorang Penghafal Al Qur’an Itu Mulia

Sabtu, 29 Oktober 2022 | 10.25 WIB | 0 Views Last Updated 2022-10-29T03:25:12Z
Sumpulindonesia.com_ BULUKUMBA,- Satuan Pembinaan Masyarakat atau yang disingkat SAT BINMAS Polres Bulukumba mengadakan kunjungan ke Pondok Pesantren Abu Bakar Ash Shiddiq Wahdah Islamiyah Kabupaten Bulukumba. Kunjungan ini dihadiri oleh Kasat Binmas Polres Bulukumba, AKP A. Subhan, S.IP dengan 9 anggota SAT BINMAS Polres lainnya. Dalam kunjungannya, SAT BINMAS Polres disambut oleh seluruh santri PPS Abu Bakar tingkat Wustha (SMP) hingga Ulya (SMA) dengan penuh antusias (Jumat, 28 Oktober 2022).


Dalam kunjungan kami di PPS Abu Bakar Ash Shiddiq Wahdah Islamiyah Bulukumba setelah kunjungan dari SAT BINMAS Polres Bulukumba tersebut, kami mewawancari pihak Pondok yang diwakili oleh Ketua OSIP PPS Abu Bakar Ash Shiddiq.


Dalam sesi wawancara tersebut Muhammad Zuhroni selaku ketua OSIP menyampaikan kepada kami bahwa kunjungan Kasat Binmas Polres tersebut sebagai bentuk sosialisasi.


“Benar kak, bahwa tadi pagi kami kedatangan tamu dari Binmas Polres Bulukumba. Kunjungan bapak Kasat Binmas di dampingi 9 polisi lainnya dan tadi kami sambut bersama seluruh santri, baik tingkat Wustha maupun Ulya,” ujarnya dengan penuh antusias.

“Kegiatan berlangsung di Masjid kak, bapak Kasat Binmas mengatakan bahwa kunjungan mereka ke Pondok itu sebagai bentuk sosialisasi.” sambung.


Tak lupa Zuhroni mengatakan dalam sesi sosialisasi tersebut berisi nasihat yang baik dari Kasat Binmas Polres, bahkan terdapat satu nasihat yang membekas di hati Ketua OSIP ini.


“Betul betul sesi nasehat yang membangun kak, salah satu nasehat yang sangat membekas di hati saya adalah saat bapak Andi Subhan (Kasat Binmas) mengatakan kepada kami : Seorang Penghafal Al Qur'an itu Mulia!” berakhir.

Jangan lupa kami melakukan validasi dengan para asatidzah pondok yang mendampingi saat kegiatan sosialisasi ini berlangsung. Asatidzah tersebut adalah Ust. Arsyul Ikram Ar Rasyid, SH dan Ust. Arliawan, S.Pd.

Dalam sesi wawancara, Ustadz Arsyul sebagai pendamping yang juga merupakan Kepala Sekolah PPS Abu Bakar Ash Shiddiq Tingkat Wustha kegiatan sosialisasi tersebut.

“Benar, bahwa pada pagi hari ini (Jum'at, 28 Oktober 2022) telah terlaksana sosialisasi SAT BINMAS Polres Bulukumba,” ujarnya.

Ustadz Arsyul pun menjelaskan kepada kami mengenai tujuan dari sosialisasi dan kunjungan Kasat Binmas Polres Bulukumba.

“Kunjungan tersebut dihadiri langsung oleh bapak Kasat Binmas Polres Bulukumba sendiri dengan beberapa stafnya, adapun tujuan dari kunjungan tersebut sebagai bentuk Silaturrahim dan sosialisasi Binmas Polres Bulukumba ke pondok pondok Pesantren sesuai dengan tema yang ada di spanduk.” sambung.

Terlihat dari spanduk kegiatan sosialisasi tersebut mengangkat tema : Mari Kita Berantas Aksi Terorisme, Radikalisme & Anti Pancasila.

Ustadz Arsyul melanjutkan dengan mengutip beberapa pernyataan dari AKP A. Subhan, S.IP dalam sosialisasi tersebut, bahwa perbedaan yang ada di negara Indonesia itu jelas adanya, namun bagaimana langkah kita dalam menyikapi perbedaan.

“Indonesia ini adalah Negara yang majemuk, terdiri dari berbagai macam suku dan bahasa sehingga perbedaan di Indonesia ini adalah suatu keniscayaan yang harus saling menghargai, saling merawat dan saling menjaga,” kutipannya.

“Dan begitupun terkait dengan Agama, ada berbagai macam paham, ada yang Qunut ada yang tidak Qunut, oleh karena itu kita perlu saling menghargai perbedaan tersebut.” sambung.

Ustadz Arsyul Ikram Ar Rasyid, SH sendiri memberikan tanggapan terkait kunjungan dan sosialisasi SAT BINMAS Polres Bulukumba tersebut bahwa kegiatan seperti ini merupakan hal yang sangat baik dan membangun.

“Kunjungan ini adalah suatu hal yang sangat baik, tentunya. Dan ini bisa menjadi solusi untuk betul menjaga menjaga para santri dari paham Radikalisme yang mencoba untuk ke pondok pondok, dengan adanya sosialisasi seperti ini mampu untuk mengantisipasi,” ungkapnya.

Dan tentunya dengan Arahan Arah dari Kasat Binmas Polres Bulukumba atau Binmas Polres terkait adalah sebagai bentuk pengarahan agar kami juga mengetahui hal yang mungkin dilarang.."

"..Dan untuk memperkuat kami agar terus membina generasi muda demi menjadi generasi pelanjut yang akan membanggakan Indonesia kedepannya!” menambahkan.

Perlu diketahui bersama bahwa kunjungan bapak Kasat Binmas Polres Bulukumba sendiri ke PPS Abu Bakar Ash Shiddiq Bulukumba merupakan kunjungan pertamakali. 

Dikutip dari mediahumaspolri.com, SAT BINMAS Polres Bulukumba menyelenggarakan Lomba Ceramah Da'i Ramadhan 1443 H dengan tema “Peran Da'i Dalam Mencegah Paham Radikalisme Serta Intoleransi Keagamaan Dan Kebangsaan Melalui Dakwah Yang Sejuk” (12/04/2022).

Kegiatan Lomba Ceramah Da'i tersebut dihadiri oleh bapak AKP A. Subhan, S.IP selaku Kasat Binmas Polres Bulukumba.

Kasat Binmas Polres Bulukumba menyampaikan bahwa kegiatan yang diselenggarakan ini (Lomba Ceramah Da'i) merupakan wujud implementasi tugas BINMAS dalam membangun kemitraan dengan pondok pesantren yang ada di wilayah Polres Bulukumba.

“Alhamdulillah kemarin (12/04/22) kami dari SAT BINMAS memahami Pondok Pesantren Abu Bakar Shiddiq telah menggelar Lomba Ceramah Da'i Ramadhan dengan tema Peran Da'i dalam mencegah paham radikalisme serta tidak toleransi keagamaan dan kebangsaan melalui dakwah”. Ucap Kasat Binmas

“Harap kami semoga kegiatan ini dapat memberikan pemahaman kepada seluruh lapisan masyarakat melalui pendakwah agar terhindar dari paham radikal dan intoleransi” tutup Kasat Binmas.


Reporter : Ahmad Robbani

Iklan

×
Berita Terbaru Update