-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Pembagian THR Pj Gubernur Babel Terkesan Vulgar dan Tak Adil. Sumber Dana Tak Jelas

Selasa, 16 April 2024 | 20.33 WIB | 0 Views Last Updated 2024-04-16T13:36:44Z
SIMPULINDONESUA.com_ BABEL Sejumlah wartawa yang ada di Bumi Serumpun Sebalai mempertanyakan tentang bagi-bagi Tunjangan Hari Raya (THR) senilai Rp. 50 juta oleh Pj Gubernur Safrizal Zakaria Ali kepada sejumlah wartawan di Gedung Mahligai Rumah Dinas Gubernur Provinsi Bangka Belitung, Senin (8/4/2024) lalu.

Mengingat, pembagian tersebut terindikasi tidak terbuka dan terkesan pilih-pilih kasih. Karena tidak semua wartawan yang mendapat umdangan di acara tersebut 

Selain itu, THR yang diperuntukkan kepada wartawan itu kini menjadi sorotan elemen masyarakat dan juga menjadi bahan obrolan.

Pasalnya, selain sumber pendanaan yang tak jelas jantrungannnya, aksi bagi-bagi THR dalam momen buka puasa bersama itu dinilai terlalu vulgar dan tak etis.

Dari informasi yang didapatkan kalangan wartawan yang hadir tersebut termasuk orang-orang pilihan yang dapat hadir ketempat tersebut dan pembagian tersebut ada salah satu pengurus yang membagikan uang tersebut nominal yang di berikan 500 rbu 1 orang dari uang 50 juta tersebut yang di berikan pj gubernur untuk THR lebaran.

"Sumber dananya tak jelas. Lagi pula cara dia kasih THR terkesan vulgar dan sangat tak etis," tukas Muhammad Zen, salah seorang jurnalis yang juga aktivis Forum Bangka Belitungu Peduli, beberapa waktu yang lalu.

Zen menyebutkan bahwa pembagian THR yang dilakukan Pj Gubernur yang terkesan vulgar itu bisa menimbulkan kecemburuan bagi para wartawan yang tak diundang dalam acara tersebut.

"Ya, tentu saja secara etika ini tidak adil. Mengingat jumlah wartawan di Babel mungkin sudah ribuan. Harusnya dia cukup mengundang satu atau dua orang perwakilan tiap media. Jikapun ingin kasih THR cukup disampakan kepada para perwakilan media, namun itu pun harus dilakukan sesuai aturan jangan nanti malah menimbulkan persoalan hukum," tandas Zen.

Selain itu Zen juga menyentil jika THR yang diberikan oleh Safrizal tersebut 'mengalir' tak sampai jauh dan sebagian diterima oleh para 'pecundang'.

Uang THR yang di bagi-bagi THR itu diterima oleh sekelompok wartawan saja. Ini sama saja 'pecundang, karena ada beberapa oknum rekan media yang terima THR itu adalah orang-orang yang dulu pro Pj Gubernur yang lama.

Serta menentang perjuangan Forum Babel Peduli yang gigih berjuang melengserkan Pj Gubernur yang dulu. Sekarang mereka-mereka itu terkesan 'melok' menang.

"THR itu 'mengalir' tak sampai jauh karena diterima oleh sekelompok wartawan saja. Saya katakan 'pecundang' karena ada beberapa rekan media yang terima THR itu adalah orang-orang yang dulu pro Pj Gubernur yang lama dan menentang perjuangan Forum Babel Peduli yang gigih berjuang melengserkan Pj Gubernur yang dulu. Sekarang mereka-mereka itu terkesan 'melok' menang," cetus Zen menyindir.

Lebih detil Zen menjelaskan bahwa dirinya tidak bermaksud mengungkit bagaimana perjuangan Forum Peduli Babel ketika melengserkan Pj Gubernur sebelumnya. Namun menurut nya, paling tidak Safrizal tak terjebak dalam kesalahan yang serupa.

"Jangan sampai menerima masukan yang salah dari orang yang salah. Jangan terkesan merangkul orang-orang yang 'melok' menang saja. Sementara kelompok yang suka mengkritisi dijauhi. Mengkritisi belum tentu membenci, tapi mengingatkan agar tidak kembali terjebak dalam kesalahan serupa," ujar Zen mengingatkan.

Zen juga menyebutkan perjuangan Forum Peduli Babel dalam mengkritisi kebijakan Pj Gubernur lama hingga berbuntut dilengserkan, juga sempat dicaci maki oleh sejumlah pihak.

Tokoh-tokoh Babel Peduli seperti Prof Bustami, Emron Pangkapi, almarhum Zulkarnain Syamsudin, Johan Murod, Agus Adaw, Saviat dan lain-lain dicaci maki oleh oknum yang dikatakan 'melok' menang tadi.

Mereka itu bahkan sudah melakukan pembunuhan karakter terhadap para tokoh Babel itu. Bahkan orang-orang ini, beberapa di antaranya, ikut menikmati uang THR dari Pj Safrizal.

"Mereka itu bahkan sudah melakukan pembunuhan karakter terhadap para tokoh Babel itu. Bahkan orang-orang ini, beberapa di antaranya, ikut menikmati uang THR dari Pj Safrizal," tandasnya.

Zen juga mengungkapkan rasa kecewanya kepada rekan sesama media yang terkesan memilih 'aman' ketika Forum Peduli Babel mengkritisi arogansi dan kontroversi Pj Gubernur sebelumnya.

"Saya tahu betul saat itu hanya beberapa media online jejaring Jobber serta KBO Babel saja yang selalu mem-follow up dan merilis agenda Forum Babel peduli. Media yang lain banyak bungkam dan bahkan sebagian memanfaatkan medianya untuk menyerang Forum Babel Peduli, dan melakukan pembelaan terhadap Pj Gubernur sebelumnya," ungkap Zen.

Parahnya, lanjut Zen, diam-diam sikap antipati terhadap perjuangan Forum Babel Peduli, juga dilakukan oleh seseorang yang saat ini menjadi Stafsus Pj Gubernur Safrizal.

"Jujur sebagai bagian dari Forum Babel Peduli, saya kecewa dengan Pj Safrizal yang mengangkat orang ini jadi stafsus. Seperti tak ada orang lain lagi," pungkas Zen.

Pj Gubernur Safrizal dikonfirmasi oleh jejaring Tim Jobber terkait polemik THR tersebut, sampai berita ini dinaikkan belum memberikan jawaban.

Sementara itu, dikonfirmasi terkait pengangkatan stafsus Pj Gubernur bebeberapa waktu lalu, Safrizal menyampaikan keyakinannya jika stafsus yang ia pilih merupakan orang-orang baik.

"Insya Allah yang saya pilih adalah orang-orang baik," jawab Safrizal beberapa waktu lalu membalas konfirmasi via pesan WA dari wartawan media ini. (Aimy).

Sumber : KBO Babel.

Iklan

×
Berita Terbaru Update