-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Komisi Informasi Bangka Belitung Dorong Peningkatan Kepatuhan OPD Terhadap Keterbukaan Informasi Publik

Kamis, 02 November 2023 | 08.32 WIB | 0 Views Last Updated 2023-11-02T01:34:17Z
SIMPULINDONESIA.com_ PANGKALPINANG,-  Kunjungan Tim Monitoring dan Evaluasi (Monev) 2023 ke Dinas Energi Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bergitu memberi arti penting dan bersejarah bagi Diknas tersebut

Kedatangan Tim Visitasi Monev dari Komisi Informasi (KI) Babel pada Selasa (31/10/2023), dipimpin langsung oleh Martono, S.TP selaku Anggota Komisioner Koordinator Bidang Kelembagaan bersama dengan staf KI Babel, Pariyanti, Ressa Monica dan M. Taufik.

Tujuan dari kunjungannya adalah untuk memantau dan mengevaluasi tingkat keterbukaan informasi publik (KIP) yang dijalankan oleh Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Dalamdalam sambutannya di Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitungitu, Martono, S.TP mengatakan bahwa kegiatan ini adalah kunjungan yang kelima dari serangkaian visitasi Monev yang telah dilakukan oleh Tim KI Babel.

Sebelumnya, lanjut Martono, mereka juga telah mengunjungi beberapa instansi di
Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung (Pemprov Babel) diantaranya Dinas Bappeda, Dinas Kearsipan, Biro Hukum, dan Dinas UMKM.

Menurut Martono bahwa kunjungan ini bertujuan untuk mengukur sejauh mana tingkat kepatuhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) Provinsi terhadap KIP, khususnya di Dinas ESDM.

"Kunjungan kami di Dinas ESDM kali ini adalah yang kelima di lingkungan Pemprov Babel. Kami ingin melihat sejauh mana tingkat kepatuhan pihak OPD Provinsi terhadap keterbukaan Informasi Publik (KIP), khususnya untuk Dinas ESDM," tukas Martono. 

Selain melakukan pemantauan dan evaluasi, hasil dari visitasi Monev 2023 terhadap berbagai OPD di Pemerintahan Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan diikutsertakan dalam penganugerahan pemeringkatan Badan Publik OPD dalam hal kepatuhan terhadap KIP. 

Tentunya, Ini adalah langkah penting dalam mendorong transparansi dan akuntabilitas di sektor pemerintahan.

Sementara itu, pranata humas di Dinas ESDM Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, Suci Lestari, turut juga berbagi pandangan dalam hal visitasi KIP tersebut. 

Dirinya menyampaikan beberapa keluhan mengenai kesulitan dalam memperoleh data dari berbagai bidang di dalam dinas tersebut, yang menyebabkan banyak kuesioner yang belum terisi.

Namun, dirinya juga berharapan bahwa di masa akan datang atau kedepannya nanti, Komisi Informasi dapat mengadakan sosialisasi yang akan membantu memperbaiki situasi ini.

Suci Lestari menekankan pentingnya dan besarnya manfaat atas kunjungan KI yang mau datang berkunjung dinas ESDM ini.

Ia menyebutkan bahwa pihaknya sangat senang dengan adanya inisiatif ini. Oleh karena itu, dirinya optimis serta berharap bahwa kunjungan KI ini akan membantu meningkatkan kerja sama antara dinas dan Komisi Informasi. Serta dapat membantu memperbaiki kekurangan yang ada.

Setidaknya, kunjungan Monev Komisi Informasi Babel ke Dinas ESDM Provinsi ini akan menjadi tonggak penting dalam upaya untuk meningkatkan transparansi, akuntabilitas, dan akses informasi publik di wilayah tersebut.

Keterbukaan informasi publik adalah landasan utama bagi pemerintahan yang berjalan efisien dan berintegritas.(Red/Aimy).


 Sumber : KI Babel, KBO Babel

Iklan

×
Berita Terbaru Update