-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Geliat Inovasi di Bulukumba semakin meningkat dengan digelarnya Workshop Design Thinking

Senin, 04 September 2023 | 10.42 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-04T03:42:33Z


SIMPULINDONESIA.com_ BULUKUMBA - Semangat berinovasi di kalangan ASN Kabupaten Bulukumba sedang tinggi-tingginy dimana animo ASN dalam berinovasi menemukan momentumnya. Sejumlah ASN merasakan pentingnya untuk menyebarkan virus Inovasi kepada kawan-kawan ASN lainnya. 


Sebuah terobosan baru dalam rangka meningkatkan kapasitas ASN dalam berinovasi dilahirkan  sebuah ide Forum Penggiat Inovasi Daerah dengan program pertama berupa Mini Workshop Design Thinking yang digelar secara mandiri di Café Del Pizza selama dua hari (2-3 September 2023).


Sebagai narasumber Workshop tersebut adalah Abd. Rahman Ramlan, seorang Praktisi dan Konsultan Inovasi Pelayanan Publik yang telah berpengalaman mendampingi beberapa daerah di Sulawesi Selatan termasuk Kabupaten Bulukumba.


Para peserta Angkatan pertama tersebut beragam, ada ASN dari Organisasi Perangkat Daerah, UPT Sekolah Dasar, UPT Sekolah Menengah Pertama, Dinas, dan Sekretariat Daerah, perwakilan media dan bahkan ada peserta dari daerah tetangga Kabupaten Jeneponto dan Kota Makassar. 


Salah seorang peserta  dari Bagian Pemerintahan Sekretariat Daerah, Hermawan menyatakan bahwa kegiatan workshop Design Thinking yang dilakukan secara mandiri  merupakan sebuah langkah kecil tapi berdampak besar pada penumbuh kembangan Inovasi di daerah. Hal ini sejalan dengan harapan Pemerintah untuk mewujudkan Bulukumba sebagai kota terinovatif.


Sementara itu, Rabbani dari perwakilan media merasa senang bisa mengikuti workshop tersebut sebagai sebuah momentum untuk membangun kesadaran bersama bahwa pemerintah kabupaten perlu membangun kolaborasi dalam mengembangkan Inovasi daerah termasuk dengan media.


Narasumber Workshop, Abd Rahman Ramlan yang juga putra daerah Bulukumba yang telah lama malang melintang di daerah lain dan kembali ke Bulukumba merasa senang dan bangga bisa diberi kesempatan  berbagi pengetahuan dan pengalaman dengan para peseta yang sebagian besar dari ASN Pemkab Bulukumba.


“Saya melihat masa depan Bulukumba akan banyak ditentukan dari Workshop ini. Mungkin kita semua sudah bisa menghasilkan satu dua ide inovatif, namun dengan terus meningkatkan kapasitas seperti mengikuti workshop ini, kita akan mampu melahirkan ratusan ide inovatif yang bisa dikotribusikan untuk meningkatkan kualitas pelayanan publik di daerah kita tercinta,” apresiasinya.


Panitia Pelaksana Arhan Nuhung sebagai pengagas kegiatan bersama salah satu inovator Lorong Jelita dan GAMMARA Endang Muliani berharap kegiatan ini akan menjadi forum penggiat inovasi Daerah dimana sebagai upaya dan media untuk berkumpulnya beberapa penggiat inovasi berkolaborasi dan bekerjasama berbagi pengalaman dalam mengikuti berbagai kompetisi baik tingkat kabupaten, Provinsi maupun tingkat Nasional. (Red/AR)

Iklan

×
Berita Terbaru Update