-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Tanaman Segudang Manfaat, M Hasbi Kembangkan Aren di Aceh Tenggara

Selasa, 27 Juni 2023 | 12.22 WIB | 0 Views Last Updated 2023-09-06T17:09:52Z

 

Foto: M Hasbi saat dilokasi kebun aren, Senin (26/6/2023).

Aceh Tenggara - M Hasbi (62) warga Desa Kuning II, Kecamatan Bambel, Kabupaten Aceh Tenggara kembangkan ratusan pohon tanaman aren.


Kebun aren M Hasbi yang mana seorang pensiunan Pegawai Negeri Sipil (PNS) ini terletak di wilayah Desa Kuning II Kecamatan Bambel Kabupaten Aceh Tenggara.


Memiliki tempat yang strategis, jarak tempuh dari pedesaan Kuning II ke lokasi kebun aren tersebut hanya menempuh waktu sekitar 4 menit.


"Pengembangan tanaman aren ini sebelumnya karena saya melihat kondisi masyarakat petani aren, yang mana mereka mencari pohon-pohon aren sampai ke hutan dengan jarak yang sangat jauh, bisa dikatakan pohon aren liar tanpa dibudidayakan," ujar M Hasbi, Senin (26/6/2023).


"Dengan adanya pengembangan tanaman aren ini semoga dapat meningkatkan peluang usaha dan ekonomi masyarakat kedepannya," harapnya.


"Pembibitannya waktu itu dilakukan secara mandiri," imbuhnya.


Dikatakan, tanaman aren saat ini sudah berumur 6 tahun, sebanyak sekitar 500 batang dengan luas 1 hektar (ha).


Lebih menariknya, tanaman segudang manfaat ini bisa menjadi alternatif meningkatkan pelestari alam, pencegah banjir dan membangkitkan komoditas ekspor.


Hampir semua bagian pohon aren bisa dimanfaatkan, selain untuk dikonsumsi seperti air nira, gula aren, buah kolang-kaling dan produk buat sapu serta kerajinan tangan lainnya.


"Berkat do'a dan kegigihan usaha yang dijalani, tak lama lagi kita akan menuai hasilnya," tutur M Hasbi.


Ia juga mengharapkan kepada pemerintah agar dapat memberikan perhatian dan support untuk petani aren agar tercapainya kesejahteraan masyarakat lebih pesat. (*)


Penulis: Mahyuddin Arzifi.

Iklan

×
Berita Terbaru Update