-->

Notification

×

Iklan

Iklan

OJK Jadikan Desa Wisata Andalan Lembanna Bulukumba Pilot Project EKI

Minggu, 14 Mei 2023 | 08.42 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-14T15:02:41Z


SimpulIndonesia.com_Bulukumba, Bak Durian runtuh, Desa Wisata Andalan Lembanna Kecamatan Bontobahari Kabupaten Bulukumba kembali mendapatkan peluang untuk berakselerasi.



Setelah sebelumnya ditetapkan masuk 75 Besar Nasional Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023, dan diincar sebagai salah satu alternatif lokasi Pembangunan Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata Bira-Mandalaria oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, kini Desa Wisata Andalan Lembanna kembali ditetapkan sebagai Pilot Project penerapan Ekosistem Keuangan Inklusif (EKI) di Wilayah Pedesaan.


Program ini akan dilaksanakan oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) berdasarkan hasil rapat bersama Dinas Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi, Biro Perekonomian dan Administrasi Pembangunan Setda Provinsi, Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa Provinsi, Kantor Perwakilan Bank Indonesia Sulawesi Selatan, dan PT Bank Rakyat Indonesia (Persero) Tbk Regional Officer Makassar tanggal 14 April 2023 di Makassar.



Pemilihan dan penetapan Desa Lembanna sebagai Pilot Project EKI Desa Wisata dilakukan dengan mempertimbangkan arah kebijakan Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan yang menjadikan fokus pengembangan obyek Desa Wisata tahun 2023, berdasarkan program kerja Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPKAD) Provinsi Sulawesi Selatan.


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Daud Kahal, Minggu 14/5, menyampaikan konfirmasi terkait hal ini setelah berkonsultasi dengan Tim Teknis OJK Kamis lalu.



"In Syaa Allah rencana Selasa-Rabu 16-17 Mei 2023 Tim Teknis OJK akan mengunjungi Desa Lembanna dalam rangka melihat langsung berbagai potensi dan peluang yang bisa di dorong oleh OJK dalam pelaksanaan programnya kedepan." Tuturnya



Kadisparpora Bulukumba menjelaskan bahwa penetapan Desa Lembanna telah disampaikan sebelumnya oleh Kadis Kebudayaan dan Kepariwisataan Provinsi Sulawesi Selatan Bapak Asriadi Sulaiman disela-sela kegiatan di Gedung Mulo beberapa waktu lalu.



Pada waktu yang bersamaan dengan kunjungan Tim Teknis OJK di Bulukumba nantinya, Pimpinan OJK juga direncanakan bertemu dengan Bupati Bulukumba A. Muchtar Ali Yusuf di Makassar, In Syaa Allah hari Selasa 16 Mei 2023, agendanya telah terkonfirmasi ujar Daud Kahal.



Kami tentu sangat bersyukur dan berterima kasih kepada Pak Gubernur dan Pak Kadis Budpar Provinsi atas dukungan dan perhatian yang begitu besar dalam pembangunan sektor pariwisata di Kabupaten Bulukumba, ini ditunjukkan juga melalui alokasi Bantuan Keuangan Provinsi untuk pembangunan infrastruktur di Desa Lembanna 2022-2023 ini, ada belasan miliar alokasi pembangunan infrastruktur disana, tentu kedepan Kabupaten Bulukumba akan semakin memiliki prospek dalam bidang kepariwisataan, tutur mantan Kadis Kominfo, dan Sekretaris DPRD Bulukumba ini.

Iklan

×
Berita Terbaru Update