-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Mahasiswa Prodi Apoteker Angkatan IX UHO Kolaborasi dengan BPOM Sultra Laksanakan Sosialisasi Bahaya Penggunaan Narkotika

Minggu, 21 Mei 2023 | 17.45 WIB | 0 Views Last Updated 2023-05-21T10:45:38Z

Gambar : Foto Bersama mahasiswa prodi pendidikan profesi Apoteker Angkatan IX Universitas Halu Oleo dan BPOM Sulawesi Tenggara serta siswa SMA Negeri 1 Soropia.

 

Simpulindonesia.com__SULTRA,— Mahasiswa Program Studi Pendidikan Profesi Apoteker (PSPPA) Angkatan IX Universitas Halu-Oleo (UHO) berkolaborasi dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan Provinsi Sulawesi Tenggara, menggelar sosialiasasi bahaya penggunaan narkotika dan obat keras, Minggu (21/05/2023).


Bertempat di Desa Soropia, Kecamatan Soropia, Kabupaten Konawe, Provinsi Sulawesi Tenggara pada jumat 19 mei 2023.


Kegiatan ini dilaksanakan dengan tujuan untuk memberikan edukasi dan peningkatan pemahaman tentang penyalahgunaan narkotika dan obat keras pada remaja di SMA Negeri 1 Soropia.


Mahasiswa PSPPA angkatam IX melakukan kegiatan pengabdian masyarakat dibawah bimbingan dosen Prof. Dr. Muhammad Arba, S.Si., M.Si dan Apt. Rifa’atul Mahmudah, S.Farm., M.Farm. 



Gambar : Istimewa


Ibu Dra. Hasnah Nur, Apt., MPH, sebagai narasumber dari BPOM Provinsi Sulawesi Tenggara, menyampaikan materi Kenali Obat dan Waspada Obat Ilegal/Palsu, yang didalamnya berisi edukasi bahaya penyalahgunaan obat dan narkotika. 


Dimana disampaikan juga pentingnya untuk memperoleh obat-obatan di sarana farmai seperti Apotik maupun instalasi farmasi.


Pemateri ibu Dra. Hasnah Nur, Apt., MPH, menekankan bahwa obat adalah racun jika dosisnya berlebihan. 


“Sehingga pemberian obat harus benar pasien, benar obat, benar dosis, benar waktu dan benar cara pemberian. Dimana obat tidak disarankan apabila tidak diperlukan karena efek sampingnya yang berbahaya. Lebih disarankan untuk menjaga hidup sehat melalui pola makan dan menerapkan “back to nature”,”Katanya.


Kegiatan ini dihadiri siswa siswi maupun guru SMA Negeri 1 Soropia yang juga diperkenalkan cara untuk mengenali produk obat dan makan melaluai “CekKLIK” yang berarti cek Kemasan, cek Label, cek Izin Edar, dan cek Kemasan, untuk menciptakan hidup yang lebih sehat.


BPOM dan Mahasiwa Prodi Apoteker UHO berharap dengan adanya kegiatan ini meningkatnya pemahaman mengenai obat.


“Kami berharap dengan adanya sosialisai ini dapat meningkatkan pemahaman remaja mengenai bahaya obat keras dan narkotika. Dengan meningkatnya pemahaman remaja pesisir Soropia ini dapat membentuk generasi yang lebih baik dan sadar akan pentingnya kesehatan,”Harapnya.


Mahasiswa PSPPA angkatan IX yang melakukan kegiatan pengabdian masyarakat ini adalah Andi Arjun Pratama, S.Farm, Mulidah Widiasari Bachtiar, S.Farm, Sitti Musrinawati Basri, S.Farm, Amni Wahyuni, S.Farm dan Inayah Putri Amelia, S.Farm.(Nur).

Iklan

×
Berita Terbaru Update