-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Dukung Ketahanan Pangan, Babinsa Bersama PPL Distan Nogosari Laksanakan Pengubinan

Rabu, 01 Maret 2023 | 13.10 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-02T05:08:30Z


Simpulindonesia.com_ BOYOLALI,- Babinsa Koramil 13/Nogosari Kodim 0724/Boyolali Serka Slamet Fahrudin bersama PPL Dinas Pertanian Kecamatan Nogosari melaksanakan panen ubinan (pengubinan) padi di Dukuh Jeron Kecamatan Nogosari Kabupaten Boyolali. Rabu ( 01/03/23)


Dalam kesempatan itu Babinsa Serka Slamet Fahrudin menjelaskan, kegiatan pengubinan dilaksanakan untuk melihat perkiraan hasil panen tanaman padi atau palawija melalui titik sempel dengan cara diukur dengan ukuran 2,5 x 2,5 m² yang kemudian hasilnya diukur dan ditimbang.


” Hasil inilah dapat dijadikan dasar dalam penentuan berapa profitas yang dihasilkan dalam 1 hektar. Sehinga hal ini memudahkan petugas pertanian dalam menghitung target panen. Hal ini sekaligus memudahkan dalam pemantauan lahan pertanian untuk menyukseskan program ketahanan pangan,” jelasnya.


Adapun keterlibatan Babinsa dengan petugas pertanian merupakan satu hal yang tak terpisahkan. Yang mana memiliki kesamaan tujuan dalam mendukung program pemerintah terkait swasemabda pangan.


“Bukan kali ini saja kita turun ke sawah, jauh sebelum musim tanam, kita sudah berbaur dengan petani untuk mengetahui apa saja kendala yang dihadapi petani. Sampai akhirnya bisa mencapai masa panen dengan harapan mendapat profitas yang maksimal sehingga petani semakin sejahtera,” pungkas Babinsa


Bpk. Sunaryo ( 55) Selaku pemilik lahan mengucapkan terimakasih kepada Babinsa dan PPL dari Dinas Pertanian Nogosari yang selama ini telah membantu dan mengarahkan petani dalam pertanian. Dan saya sebagai petani jadi mengetahui perkiraan hasil sawah yang digarap melalui metode ubinan.

Iklan

×
Berita Terbaru Update