-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Desa Lembanna Bersiap Jadi Destinasi Pariwisata Unggulan

Kamis, 16 Maret 2023 | 11.43 WIB | 0 Views Last Updated 2023-03-16T04:43:29Z


SimpulIndonesia.com
_Bulukumba, Desa Lembanna Kecamatan Bontobahari kini mempersiapkan diri untuk menjadi Destinasi Pariwisata Unggulan selain Tanjung Bira di Kabupaten Bulukumba.


Di wilayah Desa Lembanna yang berbatasan langsung dengan Desa Ara, terdapat beberapa obyek wisata yang memiliki prospek yang sangat besar untuk dikembangkan kedepan, diantaranya Mandalaria, Batu Tongkarayya, dan Mattoanging.



Kawasan Mandalaria sudah dikenal selama ini sebagai tempat bersejarah ketika Indonesia melakukan Operasi Trikora (Tri Komando Rakyat) untuk melawan pendudukan Belanda di Irian Barat pada tahun 1962-1962, dimana Mandalaria atau Pantai Ara yang saat ini meliputi Desa Lembanna dijadikan lokasi pembuatan perahu yang akan digunakan untuk mendaratkan pasukan saat itu.



Kini potensi wisata Desa Lembanna semakin menguat terlebih Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan telah melakukan pembangunan infrastruktur jalan melalui bantuan keuangan provinsi tahun 2022 untuk akses menuju Batutongkaraya.



Pemerintah Provinsi pun tengah melirik kawasan ini sebagai alternatif Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Pariwisata. Hal ini mengemuka di East Indonesia Tourism and Investment Summit 2023 di Hotel Claro baru-baru ini yang dihadiri Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga S. Uno, Gubernur Sulawesi Selatan A. Sudirman Sulaiman dan sejumlah pejabat penting lainnya, termasuk Bupati Bulukumba Muchtar Ali Yusuf, yang tampil sebagai pembicara.



Kepala Desa Lembanna Asfar sangat bersyukur atas dukungan Pemerintah Daerah dan Pemerintah Provinsi dalam membangun Desa Lembanna sebagai Destinasi Wisata.


Kepala Dinas Pariwisata Pemuda dan Olahraga Daud Kahal dalam kunjungan kerjanya, Selasa 14 Maret 2023 mengakui jika salah satu arah kebijakan pembangunan pariwisata Bulukumba di arahkan ke Desa Lembanna, selain memiliki potensi destinasi, juga yang tak kalah penting adalah dukungan masyarakat yang demikian besar, itu terbukti dengan keterlibatan masyarakat dalam setiap kegiatan pembangunan, termasuk kesiapan untuk terlibat mengantarkan Desa Lembanna di ajang Anugerah Desa Wisata (ADWI) 2023, mengikuti jejak Desa Ara yang sukses menembus 50 besar ADWI sebagai Desa Wisata berkembang.

Iklan

×
Berita Terbaru Update