-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

Gelar KKN, Ribuan Mahasiswa Unmuh Se Indonesia Akan Menyebar di Bangka Belitung

Sabtu, 07 Januari 2023 | 11.23 WIB | 0 Views Last Updated 2023-01-07T04:23:19Z


 
Simpulindonesia.com_PANGKALPINANG,-
Rentang pertengahan tahun 2023 ini, tempatnya sekitar bulan Juli 2023 wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung akan kedatangan ribuan mahasiswa yang berasal dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah (MAs) seluruh Indonesia akan melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN).

Selain ribuan mahasiswa yang datang, juga turut hadir para dosen dari seluruh Perguruan MAs se Indonesia.   

Mereka akan tersebar dan bergerak di wilayah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, di lima Kabupaten yakni Bangka Tengah, Bangka Barat, Bangka Selatan, Belitung, dan Belitung Timur.

Pernyataan tersebut disampaikan Ketua Tim Penggerak Hijau Biru Babelku, Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si., dalam acara kegiatan penandatangan nota kesepahaman bersama (MoU) dengan Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung (Unmuh Babel), Kamis (5/1/2023).




Nota Kesepahaman ini berkenaan dengan pelaksanaan Kuliah Kerja Nyata Muhammadiyah
Aisyiyah (KKN-MAs) se-Indonesia di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung bakal di gelar pada pertengahan tahun 2023 ini. 

Riset berbasis pengabdian yang akan diangkat dalam KKN nanti mengusung tema konservasi, pariwisata, dan pemberdayaan masyarakat. 

Dalam Nota kesepakatan MoU tersebut, ditandatangani langsung oleh Ketua Gerakan Hijau Biru Babelku, Ketua Tim Penggerak Hijau Biru Babelku, Dr. H. Bambang Dwi Hartono, M.Si., 
dan Rektor UnMuh Babel, Ir. Fadillah Sabri, S.T., M.Eng., IPM.

Dalam sambutannya, Ketua Gerakan Hijau Biru Babelku, Bambang Dwi Hartono mengucapkan terima kasih kepada Unmuh Babel atas kerjasama dengan Gerakan Hijau Biru Babelku.

Ini merupakan suatu wujud komitmen bersama agar semangat Hijau Biru Babelku terus berkelanjutan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

“Saya mengucapkan terima kasih dan mengapresiasikan kepada Pak Rektor, bu Dzihan dan seluruh civitas akademik Unmuh Babel yang mengajak Tim Gerakan Hijau Biru Babelku untuk berkolaborasi," ungkap Bambang Dwi Hartono.

Menurut Bambang, 
Ini merupakan satu wujud sinegritas antara perguruan tinggi dengan Pemerintah Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Lewat program ini kiranya mahasiswa yang akan menggelar program KKN ini dapat memberikan peran lewat kemampuan akademik dalam upaya memberikan arah pembangunan termasuk memberikan pengetahuan kepada masyarakat tentang konsep pariwisata, dan pemberdayaan masyarakat. 

"Mudah-mudahan dengan adanya KKN dari Unmuh Babel se Indonesia ini, hasil digagas bersama nanti dapat berlanjut dari waktu ke waktu," tukas pria yang kerab berkacamata dan biasa akrab disapa BDH ini seraya merasa bangga hadirnya KKN Unmuh Babel yang bakal dilaksanakan di Provinsi Kepulauan Bangka Belitung.

Senada dengan BDH, Rektor UnMuh Babel, Rektor UnMuh Babel, Ir. Fadillah Sabri, S.T., M.Eng., IPM meyakini, MoU ini akan semakin memperkuat suksesnya penyelenggaraan KKN-MAs di Babel nanti. 

"Inilah pentingnya mengapa MoU ini harus dilakukan. Selain dalam rangka persiapan KKN MAs, MoU ini juga sebagai bentuk keselarasan untuk bersama-sama menjaga laut, sungai dan hutan, melalui program Hijau Biru Babel-ku" ujar Fadillah.

Ia menambahkan nantinya para mahasiswa bakal ditempatkan di tengah-tengah masyarakat. Sejumlah agenda dan kegiatan yang salah satunya adalah program pengabdian, dimana para mahasiswa akan turut serta dalam kegiatan-kegiatan sosial dengan masyarakat setempat.

"Iya, kita juga mengucapkan terima kasih kepada Gerakan Hijau Biru Babelku yg mau berkolaborasi dengan kami. Gerakan Hijau Biru Babelku terus konsisten dalam upaya pelestarian lingkungan," imbuh Fadillah.

Masih ditempat yang sama, Kepala LPPM Universitas Muhammadiyah Bangka Belitung Dzihan Khilmi Ayu Firdausi, M.Pd., s
kepada awak media menyebutkan bahwa dalam program KKN ini akan ada ribuan mahasiswa dari Perguruan Tinggi Muhammadiyah Aisyiyah se-Indonesia datang ke Babel.

Mahasiswa yang nantinya bakal membaur dengan masyarakat. Nantinya bakal ditempatkan di tengah-tengah masyarakat untuk melaksanakan sejumlah agenda dan kegiatan

Tahun 2023 ini Unmuh Babel mendapatkan kesempatan menjadi tuan rumah pelaksanaan KKN-MAs. 

Penandatangan ini akan semakin memperkuat suksesnya penyelenggaraan KKN-MAs di Babel nanti. 

"Kami merasa sangat sejalan dengan misi Gerakan Hijau Biru Babelku, sehingga perlu sinergitas dalam KKN-MAs nanti. Oleh karena nya hari ini kami lakukan MoU dengan Tim Gerakan Hijau Biru Babelku" tuturnya.

Dzihan menjelaskan pentingnya kolaborasi ini mengingat tema yang diusung memiliki kesamaan misi dengan Gerakan Hijau Biru Babelku yang di inisiasi oleh Pj. Gubernur Babel, Dr. Ir. Ridwan Djamaluddin, M.Sc.

Dzihan meyakini, MoU ini akan semakin memperkuat suksesnya penyelenggaraan KKN-MAs di Babel nanti. (Aimy).

Iklan

×
Berita Terbaru Update