-->

Notification

×

Iklan

Iklan

Iklan

KPUD Kab. Manggarai Barat Menyelenggarakan Seleksi Tertulis bagi Ratusan Calon PPK Pemilu 2024

Rabu, 07 Desember 2022 | 01.08 WIB | 0 Views Last Updated 2022-12-06T18:08:26Z
Foto : Peserta Seleksi PPK Pemilu Tahu 2024 (Dok Reporter)


Simpulindonesia.com_MANGGARAI BARAT,- Komisi Pemilihan Umum Daerah (KPUD) Kabupaten Manggarai Barat , Provinsi Nusa Tenggara Timur (NTT) menyelenggarakan seleksi tertulis bagi calon Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Pemilu Tahun 2024, pada 06-07 Desember 2022 di gedung SMKN 3 Komodo Labuan Bajo. 

Seleksi tertulis ini diikuti oleh 303 peserta yang telah lolos seleksi administrasi pada tahap sebelumnya. Hal itu disampaikan oleh Ponsianus Mato anggota komisioner KPUD Kabupaten Manggarai Barat, pada hari pertama penyelenggaraan seleksi ini.

"Hari ini KPUD Manggarai Barat Menyelenggarakan tes tertulis badan ad hoc yaitu PPK, dengan jumlah peserta 303 orang." Papar Ponsianus.

Ia juga menyatakan bahwa proses seleksi ini dilakukan secara terbuka dengan metode Computer Assited Test (CAT). Sehingga semua peserta dapat melihat secara lansung perolehan nilainya masing-masing.

"Penyelenggaraan tes ini dengan menggunakan CAT yang secara terbuka peserta dapat melihat lansung perolehan nilainya". Ungkapnya.

Lanjut ia menjelaskan, materi yang diuji dalam proses seleksi ini dibagi dalam tiga kompetensi diantaranya;

" Wawasan Nusantara meliputi Ideologi Panca Sila, Politik Indonesia, Sosial Budaya Indonesia dan Sejarah Indonesia."

"Kompetensi dasar mencakupi Kepemimpinan, Integritas, Kemandirian, Penalaran analitis dan Penalaran logis." 

"Pengetahuan Kepemiluan mencakupi sejarah dan sistem pemilu, asas dan prinsip pemilu, kode etik dan dasar hukum pemilu, partai politik dan pemilih, tugas dan fungsi PPK, kelembagaan pemilu, pemutakhiran data, logistik pemilu dan pengelolaan keuangan". Jelas Ponsianus.

Selanjutnya ia menyampaikan bahwa peserta yang lolos pada seleksi tertulis akan melanjutkan pada tahap Test wawancara. Wawacara bertujuan untuk mengecek kembali penguasaan pengetahuan yang telah diuji dalam tahap seleksi secara tertulis.

Reporter: Bofas

Iklan

×
Berita Terbaru Update